Kajati Sumbar tegaskan komitmen kawal pembangunan tol Padang-Pekanbaru

id kejati

Kajati Sumbar tegaskan komitmen  kawal pembangunan tol Padang-Pekanbaru

Kajati Sumbar Nawarudin Sulistiyono (tengah) foto bersama Mhayeldi Ansharullah dan Audy Joinaldy usai menerima kunjungan gubernur dan wakil gubernur Sumbar itu Selasa (2/3). (Antara/Istimewa)

Padang (ANTARA) - Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat (Sumbar) Anwarudin Sulityono menegaskan komitmen pihaknya untuk mengawal dan menyukseskan pembangunan tol Padang-Pekanbaru yang tengah bergulir saat ini.

"Kami berkomitmen untuk mengawal dan menyukseskan proyek pembangunan tol yang merupakan proyek strategis nasional bersama pemerintah daerah," kata Anwaruddin Sulistiyono didampingi Asisten Intelijen Teguh Wibowo, di Padang, Selasa, ketika menerima kunjungan kerja Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi dan Wagub Audy Joinaldy.

Kejati Sumbar akan mendukung percepatan pembangunan proyek tersebut sesuai bidang serta kewenangan yang dimiliki. Pertama adalah bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) yang akan mendampingi pemerintah dalam proses litigasi, memberikan legal opinion (LO), serta rangkaian proses pembebasan lahan.

"Pengawalan ini bertujuan mendukung proyek agar segala tahapannya sesuai koridor hukum dan di sisi lain juga memenuhi keadilan di tengah masyarakat," jelasnya.

Sementara pada bidang intelijen, lanjutnya, pihak kejaksaan akan membantu dalam pengamanan proyek strategis nasional tersebut.

"Seandainya ada pihak-pihak yang menghalangi secara yuridis, maka kami yang menangani," jelas mantan Wakajati Jawa Timur itu.

Pada kesempatan tersebut Anwarudin juga menyampaikan selamat kepada Mahyeldi dan Audy Joinaldy yang baru saja dilantik.

Ia berharap pasangan gubernur dan wakil gubernur itu bisa membawa perubahan dan memajukan Sumbar untuk ke depannya.

Sebelumnya, Mahyeldi - Audy Joinaldy mendatangi Kantor Kejati Sumbar di Jalan Raden Saleh, Padang pada Selasa.

Kedatangan itu dalam rangka silaturahmi dan mempererat kerja sama dan koordinasi gubernur dengan unsur Forkompimda.

Kunjungan tersebut merupakan kunjungan pertama usai dilantik pada 25 Februari 2021.