Dengan dana Rp570 juta, Pemkab Agam akan renovasi Pasar Batu Kambing

id berita agam,berita sumbar,pasar

Dengan dana Rp570 juta, Pemkab Agam akan renovasi Pasar Batu Kambing

Pasar di Kabupaten Agam yang telah direnovasi. (Antarasumbar/Istimewa)

Dana pembangunan Pasar Batu Kambiang itu berasal dari APBD 2021,
Lubukbasung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam, Sumatera Barat pada 2021 merenovasi Pasar Batu Kambiang, Kecamatan Ampeknagari senilai Rp570 juta dalam meningkatkan kenyamanan bagi pengunjung.

Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Agam, Riza Oktafiendi di Lubukbasung, Senin, mengatakan dana Rp570 juta itu bakal digunakan untuk membangun los berdagang.

"Dana pembangunan Pasar Batu Kambiang itu berasal dari APBD 2021," katanya.

Ia mengatakan, proses lelang pembangunan pasar itu bakal dilakukan dalam waktu dekat, karena menunggu pegeseran APBD 2021.

Apabila pegeseran dana telah selesai dilakukan, maka lelang pekerjaan itu bakal dilakukan.

"Mudah-mudahan dana ini tidak berubah, sehingga bisa dilakukan lelang dan dilanjutkan memulai pekerjaan setelah pemenang ditetapkan," katanya.

Ia menambahkan, pada 2020 direncanakan merenovasi Pasar Serikat Lubukbasung Manggopoh Kecamatan Lubukbasung, Balai Panjang Kecamatan Sungaipua dan Koto Tinggi Kecamatan Baso.

Renovasi pasar itu dibatalkan akibat dana yang digunakan di rekofusing dampak pandemi COVID-19.

"Renovasi tiga pasar itu menggunakan dana APBD dan Dana Alokasi Khusus (DAK)," katanya.

Pada Musrembang 2022, tambahnya mengapung pembangunan Pasar Serikat Lubukbasung Garagahan Kecamatan Lubukbasung dan Pasar Serikat Tiku Kecamatan Tanjungmutiara.

Pembangunan pasar itu bisa menggunakan dana APBD atau dana tugas pembantu.

"Saat ini sedang pembahasan dan menunggu disetujui saat Musrembang Kabupaten Agam. Renovasi pasar itu kita lakukan setiap tahunnya," katanya. ***1***