Lansia jangan ragu divaksin, kata Ketua Komisi IV DPRD Padang

id berita padang,berita sumbar,DPRD

Lansia jangan ragu divaksin, kata Ketua Komisi IV DPRD Padang

Ketua Komisi IV DPRD Padang Azwar Siry di Padang, Senin. (Antarasumbar/Mutiara Ramadhani)

Jadi pelan-pelan saja memberikan pemahaman itu karena orang lansia ini beranjak dari pengalaman yang cukup banyak,
Padang (ANTARA) - DPRD Padang meminta kepada warga lanjut usia (lansia) jangan ada keraguan untuk menjalani vaksin.

"Kepada warga lansia di Kota Padang yang saat ini menerima giliran untuk divaksin agar jangan ragu karena vaksinasi itu tidak menimbulkan derita apapun," kata Ketua Komisi IV DPRD Padang, Azwar Siry di Padang, Senin.

Azwar mengatakan, apabila ada lansia yang merasa keberatan untuk menjalani vaksin maka tidak boleh dipaksa, akan tetapi berikan terus pemahaman sehingga pada saat tertentu mereka akan punya keyakinan penuh untuk mau divaksin.

"Jadi pelan-pelan saja memberikan pemahaman itu karena orang lansia ini beranjak dari pengalaman yang cukup banyak dan mereka tidak mungkin bisa dipaksa. Kita perlu tanamkan keyakinan penuh terhadap mereka," kata dia.

Kemudian, ia mengimbau kepada tenaga medis di Padang untuk melakukan koordinasi yang intensif dengan para lansia.

Menurut dia, para lansia beranjak dari pengalaman yang cukup banyak dan luas maka untuk bisa membujuknya perlu diberikan pemahaman yang cukup luas dan jelas.

"Lansia itu tentu perlu diberikan informasi yang tuntas oleh nakes kita sehingga mereka tidak bimbang lagi dan bersedia untuk melakukan vaksin dengan sukarela," ucapnya.

Sejauh ini, menurut dia kinerja dari tenaga medis dalam memberikan pemahaman yang benar

mengenai vaksinasi kepada masyarakat sudah cukup baik.

Dia berharap kepada tenaga medis agar betul-betul bekerja secara bersungguh-sungguh dan penuh kehati-hatian dalam melakukan pemberian vaksin maupun memberikan sosialisasi yang jelas kepada seluruh lapisan masyarakat.

Adapun pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tahap kedua ini diperuntukkan bagi lansia diatas 60 tahun dan aparat pelayan publik yang dilakukan perdana di Puskesmas Rawang, Kecamatan Padang Selatan.

Sasaran vaksinasi di Puskesmas Rawang ini yaitu sebanyak 5.000 orang lansia. Setelah itu disusul oleh kecamatan lainnya.