Anggota DPR-RI dan Wagub Sumbar kunjungi tenun Kubang

id tenun kubang, berita limapuluh kota, berita sumbar

Anggota DPR-RI dan Wagub Sumbar kunjungi tenun Kubang

Rezka Oktoberia dipasangkan selendang kain yang merupakan hasil tenun Kubang, Minggu (28/2). (Antara/Fathul Abdi)

Sarilamak, (ANTARA) - Anggota DPR RI Rezka Oktoberia serta Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) yang baru saja dilantik Audy Joinaldy mengunjungi tenun Kubang H Ridwan By pada Minggu (28/2).

Kedatangan mereka ke tenun yang berada di Kenagarian Kubang, Kecamatan Guguak itu demi melihat langsung proses produksi serta perkembangan tenun yang sudah dimulai sejak 1961.

"Kedatangan saya dalam masa reses untuk menampung aspirasi masyarakat yang pada kesempatan ini untuk menampung aspirasi para penenun," kata Rezka Oktoberia, di Sarilamak, Minggu.

Ia mengatakan Kabupaten Limapuluh Kota senagai salah satu daerah pemilihannya memiliki banyak potensi UMKM yang dapat dikembangkan, dan tidak kalah saing dengan UMKM unggulan daerah lain.

"Dengan potensi yang kita miliki maka produk yang ada harus menembus pasar nasional dan internasional," katanya.

Ia berharap UMKM termasuk tenun Kubang bisa tetap bangkit dan memberikan kontribusi bagi perekonomian di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang masih terjadi.

Khusus untuk tenun, katanya, bisa ditindaklanjuti dengan memberikan bantuan promosi serta pemasaran, baik secara dalam jaringan (online) ataupun promosi secara fisik.

"Sebagai komitmen saya pribadi akan menggunakan tenun-tenun khas "Ranah Minang" termasuk tenun Kubang untuk segala kegiatan resmi," tegasnya.

Ia juga berharap kepada pemerintah provinsi serta kabupaten agar terus melanjutkan pembinaan terhadap UMKM unggulan yang ada agar bisa dipromosikan ke tingkat nasional dan mancanegara.

Sementara itu pengelola tenun Kubang H Ridwan BY yaitu Yulia Rahmi berharap kunjungan itu bisa bermanfaat bagi perkembangan tenun Kubang ke depannya.

"Kami berharap akan ada kemajuan dari tenun Kubang melalui kebijakan serta program yang dibuat oleh pemerintah," katanya yang merupakan generasi ketiga dari H Ridwan BY.

Ia mengatakan saat ini tenun Kubang H Ridwan BY memiliki 30 unit alat tenun yang tergolong Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) semi otomatis.

Jumlah pengrajin tenun yang ada sebanyak 15 orang dan dalam satu bulan setidaknya bisa memproduksi 50-60 helai kain.

Rahmi menjelaskan di tengah perkembangan mode dan gaya dewasa, pihaknya juga terus melakukan inovasi dan kreasi.

Baik dari sisi pemilihan warna kain hingga corak dan motif yang akan dibuat agar cocok dengan selera kekinian dan milenial.

Namun begitu, lanjutnya, tenun Kubang H Ridwan BY tetap mengutamakan kualitas kain tenun agar sejuk dipakai, lembut, dan tidak panas.

Pada bagian lain, dalam kunjungan itu juga hadir Rektor UNP Ganefri, Bupati 50 Kota, dan lainnya.
Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar