Pariaman-Pekanbaru jalin kerja sama pasarkan produk unggulan IKM

id pariaman, berita pariaman, berita sumbar

Pariaman-Pekanbaru jalin kerja sama pasarkan produk unggulan IKM

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit (kiri) bersama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru meneken kerja sama ke dua daerah itu pada Pameran Budaya, Pariwisata, dan Bisnis di Kota Pekanbaru pada Sabtu (27/2). (Antara/Aadiat MS)

Pekanbaru, (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat dan Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau menjalin kerjasama dalam hal promosi dan pemasaran produk unggulan industri kecil menengah (IKM) yang berada di ke dua daerah itu.

"Jadi nanti produk unggulan di Pariaman akan dipasarkan langsung di Pekanbaru dan begitu juga sebaliknya," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit di Pariaman, Minggu.

Ia mengatakan kerja sama tersebut dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan Pameran Budaya, Pariwisata, dan Bisnis di Kota Pekanbaru pada Sabtu (27/2).

Dimulai pada hari itu, kata dia produk unggulan IKM Kota Pariaman sudah bisa dipajang di galeri pemasaran Pekanbaru.

Lalu, lanjutnya produk unggulan IKM Pekanbaru sudah bisa dipajang di galeri promosi Kota Pariaman.

Ia menyampaikan dengan kerja sama tersebut maka dapat memotong jalur pemasaran produk IKM Kota Pariaman yang sebelumnya dipasarkan di Bukittinggi namun sekarang langsung ke Pekanbaru.

"Produk unggulan IKM Kota Pariaman untuk pasarkan di Pekanbaru itu banyak," katanya.

Ia menyebutkan jenis produk unggulan IKM yang langsung dipasarkan di Pekanbaru yaitu bordir, batik, sulaman, rajutan, serta sejumlah makanan.

Kerja sama tersebut juga dapat dijadikan sebagai pertukaran informasi dan pengalaman bagi pelaku IKM ke dua daerah itu.

Sebelumnya sejumlah produk industri kecil menengah (IKM) Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) dipamerkan pada Pameran Budaya, Pariwisata, dan Bisnis 2021 yang diselenggarakan di salah satu pusat perbelanjaan modern di Pekanbaru, Riau.

"Ini merupakan promosi dan jaringan pemasaran produk IKM Pariaman di Kota Pekanbaru," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit pada Pameran Budaya, Pariwisata, dan Bisnis 2021 di Pekanbaru.

Ia mengatakan pihaknya menyadari bahwa saat ini masih pandemi COVID-19 namun produk IKM serta menjalin kerja sama untuk pemasaran produk tetap harus dilakukan.

Ia menyampaikan dipilihnya Pekanbaru sebagai lokasi promosi produk IKM karena kunjungan wisatawan terbanyak ke Kota Pariaman di luar Sumbar berasal dari Pekanbaru.

Apalagi, kata dia perantau Minangkabau khususnya Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman banyak di Pekanbaru sehingga potensi promosi produk IKM jauh lebih besar.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar