Usai dilantik, Bupati Pasaman Barat akan data penduduk miskin agar program bantuan tepat sasaran

id Pasaman Barat,kemiskinan,sumbar

Usai dilantik, Bupati Pasaman Barat akan data penduduk miskin agar program bantuan tepat sasaran

Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat Hamsuarsi-Risnawanto usai dilantik di Auditorium Gubernuran Sumbar pada Jumat (26/2). Diawal pemerintahannya mereka akan kembali mendata penduduk miskin agar program dan bantuan nantinya tepat sasaran. (ANTARA/Altas Maulana)

Simpang Empat, (ANTARA) - Bupati Pasaman Barat, Sumatera Barat Hamsuardi akan mendata kembali masyarakat miskin yang ada di daerah itu di awal kepemimpinnya bersama Wakil Bupati Risnawanto.

"Untuk tahap awal usai dilantik, kami akan melakukan validasi data keluarga miskin. Masyarakat yang benar-benar miskin harus mendapat perhatian lebih," kata Hamsuardi di Simpang Empat, Sabtu.

Ia mengatakan selama ini banyak masyarakat yang benar-benar miskin yang belum mendapat perhatian.

Selain itu juga masyarakat yang dahulunya miskin namun saat ini ekonominya sudah membaik tetap mendapat berbagai bantuan miskin dari pemerintah.

Menurutnya persoalan seperti itulah yang harus diperbaiki. Artinya, pendataan atau validasi keluarga miskin oleh petugas harus benar-benar turun kelapangan.

Ia menyebutkan untuk pendataan itu harus dilakukan secara bersama-sama oleh instansi terkait. Jangan ada perbedaan data antara satu dinas dengan dinas lainnya.

"Pendataan penduduk miskin itu harus dikeroyok bersama untuk mendapatkan data yang valid," tegasnya.

Ia akan segera menggelar rapat bersama instansi terkait untuk bersama-sama mendata penduduk miskin.

Tim validasi data penduduk miskin ini perlu segera dibentuk. Setelah itu pendataan langsung dengan turun ke nagari, desa atau jorong.

"Jika semuanya jelas maka data itu akan kita laporkan ke pusat sehingga berbagai program dan bantuan akan tepat sasaran," sebutnya.

Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat baru dilantik oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah pada Jumat (26/2).***3***

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar