Bupati Tanah Datar rangkul niniak mamak lindungi generasi muda dari bahaya narkoba

id Tanah Datar,Sumbar ,berita minang,berita sumbar

Bupati Tanah Datar rangkul niniak mamak lindungi generasi muda dari bahaya narkoba

Teks foto: Bupati Tanah Datar Eka Putra memberikan sambutan saat diantar secara adat oleh niniak mamak setempat sebelum bertugas, (Antara/Etri Saputra)

Batusangkar, (ANTARA) - Bupati Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat Eka Putra mengajak niniak mamak di daerah itu saling bahu membahu dalam membangun Tanah Datar serta melindungi generasi muda dari bahaya narkoba.

"Banyak urusan pemerintahan yang belum terselesaikan di daerah kita ini diantaranya masalah kamtibmas, pembangunan, hingga narkoba," kata Bupati Tanah Datar Eka Putra saat diantarkan secara adat oleh niniak mamak ke LAKAM setempat di Batusangkar Sabtu.

Ia melihat ancaman saat ini di Kabupaten Tanah Datar adalah masalah narkoba, pergaulan bebas yang bisa merusak moral generasi muda.

Masalah seperti itu tidak bisa terselesaikan langsung oleh pihak pemerintah kabupaten dan kepolisian saja dan perlu dukungan dan binaan dari niniak mamak untuk kemenakan.

"Untuk itu kami mengajak niniak mamak dalam membangun gotong royong bahu membahu dan insyallah Tanah Datar makin maju dan makin baik kedepannya," katanya.

Ia mengatakan dalam memperkuat nilai adat dan budaya Minangkabau khususnya di Kabupaten Tanah Datar ia akan meningkatkan anggaran pendukung bagi Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM).

Peningkatan anggaran tersebut diharapkan dapat mendukung penerapan budaya Adat Basandi Syarak, Syarat Basandi Kitabullah (ABS-SBK) di tengah masyarakat.

Sekretaris Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Tanah Datar Dt Marah Bangso, mengucapkan selamat kepada bupati dan wakil bupati terpilih semoga amanah dalam mengemban tugas sebagai kepala daerah.

Ia mengajak seluruh masyarakat kembali bersatu untuk bersama-sama membangun Tanah Datar pasca berpedang pemilihan pada pemilu serentak 9 Desember lalu.

"Biduak lalu kiambang batauik, pilkada telah usai mari kita kembali bersatu untuk satu kepentingan, yaitu memajukan Tanah Datar," katanya.

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar