Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar diantarkan secara adat sebelum bertugas (Video)

id Tanah Datar,Bupati,Sumbar,berita padang

Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar diantarkan secara adat sebelum bertugas (Video)

Tradisi pengantaran Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar secara Adat (Antara/Etri Saputra

Batusangkar, (ANTARA) - Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat diantarkan secara adat oleh niniak mamak kedua belah pihak ke Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) setempat di komplek rumah dinas bupati Gazebo Indo Jalito Sabtu, (27/2).

Sekretaris LKAAM Tanah Datar Dt Marah Bangso di Batusangkar Sabtu, mengatakan prosesi pengantaran secara adat tersebut adalah sebuah tradisi yang menandakan bahwa bupati dan wakil bupati terpilih bukanlah milik daerah asalnya melainkan milik semua warga Tanah Datar.

"Artinya Pak Eka Putra sebagi Bupati dan Richi Aprian sebagai Wakil Bupati bukanlah milik warga Lintau dan Sungai Tarab saja melainkan milik semua warga Tanah Datar," katanya.

Ia mengaharapkan tradisi pengantaran secara adat tersebut terus terjaga kedepannya tidak saja di tingkat kabupaten melainkan juga dilestarikan di tingkat nagari.

Wali Nagari terpilih hendaknya juga diantarkan oleh kaum masing-masing dan diserahkan ke lembaga Kerapatan Adat Nagari (KAN) sebelum menjabat sebagai wali nagari agar tradisi ini benar benar terjaga di Kabupaten Tanah Datar.

Sementara Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan pengantaran secara adat oleh niniak mamak ke LKAAM adalah prosesi adat setiap pemimpin baru di Tanah Datar.

Ia mengharapkan selaku anak kemenakan yang dilepas secara resmi oleh niniak mamak dari kampung halamannya untuk selalau diingatkan dan dukungan semasa ia memenjabat.

Ancaman saat ini di Tanah Datar adalah narkoba, pergaulan bebas yanf masalah itu tidak selesai oleh pihak pemerintah kabupaten dan kepolisian saja dan diharapkan dukungan binaan dari niniak mamak.

"Banyak urusan pemerintahan yang belum terselesaikan seperti masalah kamtibmas maupun pembangunan, untuk itu kami mengajak niniak mamak dalam membangun gotong royong bahu membahu insyallah Tanah Datar makin maju dan makin baik lagi," katanya.

Ia juga berjanji akan meningkatkan anggaran pendukung LKAAM sebagai pendukung penerapan budaya Adat Basandi Syarak, Syarat Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

Hal senada juga dikatakan oleh Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian salah satu program dimasa kepemimpinannya adalah memberikan dukungan anggaran bagi lembaga adat.

"Selama ini kita didekatkan dengan kata slogan ABS-SBK, harapan kita InsyaAllah dengan kita saling bekerja sama slogan ABS-ABS ini tidak hanya jadi slogan tapi jadi identitas bagi

masyarakat Tanah Datar," katanya.