Wako Pariaman: Lembaga adat bantu pengembangan pariwisata daerah

id berita pariaman,berita sumbar,adat

Wako Pariaman: Lembaga adat bantu pengembangan pariwisata daerah

Walikota Pariaman, Sumbar, Genius Umar sedang memberikan sambutan pada Musyawarah Daerah III LKAAM dan Bundo Kanduang Kota Pariaman di Pariaman, Kamis. (Antarasumbar/Aadiaat M. S.)

Beberapa tahun lalu 'malewakan gala' yang anggarannya dari pemerintah masih ada namun sekarang karena COVID-19 maka tidak ada,
Pariaman (ANTARA) - Walikota Pariaman, Sumatera Barat, Genius Umar mengatakan lembaga adat yaitu Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) dan Bundo Kanduang membantu pengembangan pariwisata di daerah itu.

"Pariaman memiliki banyak kearifan lokal dan kegiatan adat yang bisa menjadi daya tarik wisata," kata Genius di Pariaman, Jumat.

Ia mengatakan kearifan lokal dan kegiatan adat tersebut dipimpin serta dibina oleh LKAAM dan Bundo Kanduang sehingga dapat bertahan dan terus dilestarikan hingga sekarang.

Menurutnya kearifan lokal yang dimaksud mulai dengan tata cara berpakaian yang diajarkan oleh Bundo Kanduang hingga pelaksanaan 'malewakan gala' atau pengangkatan gelar penghulu yang dilaksanakan oleh LKAAM dapat menjadi daya tarik wisata.

"Beberapa tahun lalu 'malewakan gala' yang anggarannya dari pemerintah masih ada namun sekarang karena COVID-19 maka tidak ada," katanya.

Ia menyampaikan jika pada 2022 pandemi COVID-19 berakhir maka kegiatan pengangkatan penghulu di daerah itu dapat dilaksanakan.

"Nanti kaum adat sudah dapat mengajukan siapa penghulu yang akan dilewakan," ujarnya.

Untuk diketahui Pemkot Pariaman memfasilitasi masyarakat di daerah itu untuk melantik penghulu yang ditetapkan berdasarkan musyawarah dan mufakat.

Selain itu pada kegiatan itu juga dilakukan pemberian gelar kehormatan terhadap tokoh yang bukan warga di daerah itu namun berjasa ke daerah setempat.

Genius mengatakan di Pemerintahan Kota Pariaman LKAAM dan Bundo Kanduang menjadi pilar utama dalam membina warga agar sesuai dengan norma yang berlaku.

Ia menjelaskan LKAAM membina Kerapatan Adat Nagari dalam hal membimbing sanak kemenakan hingga kehidupan sosial kemasyarakatan terjaga.