PAM Tirta Sago Payakumbuh sebut ada pembangunan jaringan perpipaan air bersih di 2021

id berita payakumbuh,berita sumbar,air

PAM Tirta Sago Payakumbuh sebut ada pembangunan jaringan perpipaan air bersih di 2021

Direktur Utama PAM Tirta Sago Payakumbuh Khairul Ikhawan. (Antarasumbar/Akmal Saputra)

Di Talang itu banyak perumahan dan memang saat ini di sana kekuatan air dan waktu hidup air masih kurang terlebih ketika banyak masyarakat yang beraktifitas menggunakan air contohnya pagi hari,
Payakumbuh (ANTARA) - Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago Kota Payakumbuh menyebut pada 2021 akan ada pembangunan jaringan perpipaan air bersih kurang lebih sepanjang empat kilometer dari Balai Prasarana Perumahan dan Permukiman Wilayah Sumatera Barat di daerah itu.

Direktur Utama PAM Tirta Sago Kota Payakumbuh, Khairul Ikhwan di Payakumbuh, Kamis, mengatakan penambahan jaringan perpipaan tersebut akan diarahkan ke Kelurahan Talang, Payakumbuh Utara.

"Di Talang itu banyak perumahan dan memang saat ini di sana kekuatan air dan waktu hidup air masih kurang terlebih ketika banyak masyarakat yang beraktifitas menggunakan air contohnya pagi hari," katanya.

Ia mengatakan pemasangan jaringan pipa ini menelan anggaran kurang lebih sebesar Rp10 miliar dan proses akan dimulai dalam waktu dekat ini.

"Kami juga sudah mulai menyiapkan tanah untuk jalur jaringan perpipaan ini. InsyaAllah prosesnya akan dimulai dalam waktu dekat ini," ujarnya.

Jaringan perpipaan yang dibangun ini nantinya akan disambungkan dengan Water Treatment Plant (WTP) atau instalasi pengolahan air (IPA) yang pada 2021 ini akan dimaksimalkan penggunaannya.

"WTP kita itu ada dua kompartemen, saat ini baru satu kompartemen yang aktif. Tahun ini kami memang memiliki program untuk mengaktifkan kedua kompartemen ini," kata dia.

Ia mengatakan kompartemen yang akan diaktifkan ini nantinya akan mendukung suplai ke daerah

Payakumbuh Barat dan Payakumbuh Selatan.

"Satu kompartemen ini bisa maksimal 100 liter setiap detiknya, sekarang baru 80 liter. Ini akan dimaksimalkan serta mengaktifkan kompartemen yang satu lagi," ujarnya.

Terkait air yang dihasilkan oleh WTP ini, kata dia pihaknya telah beberapa kali melakukan pengujian termasuk pengujian langsung ke rumah pelanggan yang diyakini aliran airnya dari WTP tersebut.

"Alhamdulillah dari segi kualitas air bersih yang dihasilkan oleh WTP ini sangat baik dan tidak dapat dibedakan dengan sumber air kita yang lainnya seperti dari Batang Tabik," katanya.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar