Ingin peroleh DAK lanjutan, Solok Selatan percepatan izin operasional rumah sakit pratama

id rumah sakit pratama solok selatan,solok selatan

Ingin peroleh DAK lanjutan, Solok Selatan percepatan izin operasional rumah sakit pratama

Penjabat Sekretaris Daerah Solok Selatan Doni Rahmat Samulo bersama Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Sumbar Busril dan Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Novirman saat mengunjungi rumah sakit pratama Solok Selatan (ANTARA/Erik Ifansya Akbar)

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan, Sumatera Barat mengupayakan supaya izin operasional rumah sakit pratama cepat keluar sehingga bisa difungsikan.

"Kami akan mengupayakan secepatnya legalitas rumah sakit pratama seperti perizinan kelengkapan administrasi supaya bisa dioperasikan mudah-mudahan segera bisa diselesaika," kata Penjabat Sekretaris Daerah Solok Selatan Doni Rahmat Samulo, di Padang Aro, Kamis.

Dia mengatakan terbaru sudah ditandatangani memperkuat izin pembangunan rumah sakit yang menjadi salah satu syarat keluarnya izi operasional.

"Memang masih ada lagi syarat-syarat yang harus dipenuhi dan itu bisa diselesaikan secepatnya," ujarnya.

Untuk Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana prasarana rumah sakit, katanya sudah memenuhi syarat untuk dioperasionalkan tinggal izinnya lagi.

Pemkab Solok Selatan katanya berkomitmen untuk menyelesaikan segala persyaratan terkait pengoperasional rumah sakit pratama Solok Selatan.

"Sekarang kita punya semangat yang sama untuk mempercepat izin mendirikan rumah sakit dan juga izin operasionalnya," katanya.

Terkait kelengkapan lainnya kata dia, nanti akan dilihat dulu mana yang bisa dibangun melalui APBD dan yang bisa diusulkan ke pusat.

"Untuk pengembangan rumah sakit pratama masih ada peluang untuk memperoleh DAK Rp40 miliar lagi sehingga izin operasional akan diupayakan secepatnya," Katanya.

Sebelumnya Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Sumbar Busril mengatakan, jika rumah sakit pratama Solok Selatan bisa beroperasi segera maka semakin besar peluang untuk mendapatkan DAK lanjutannya.

"Jalan terbaik segera mengoperasionalkan dan yang dilakukan kepala dinas sudah benar, dan itu sudah jalan terbaik," ujarnya.

Dia mengatakan, setelah beroperasional, jangan berlama-lama dengan status rumah sakit pratama tetapi segera naikkan tipe rumah sakit menjadi tipe D, bahkan kalau bisa langsung ke tipe C.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar