Harga getah gambir diprediksi akan terus naik

id berita sumbar,berita padang,berita pessel,harga gambir pessel

Harga getah gambir  diprediksi akan terus naik

Petani tengah menjemur getah gambir yang sudah di panen. (ANTARA/ist)

Painan (ANTARA) - Harga getah gambir diprediksi masih akan terus naik yang membuat petani semakin bersemangat bekerja untuk memulihkan ekonomi keluarga.

Saat ini harga getah gambir di tingkat petani dengan kadar air 15 persen, telah dihargai Rp 28 ribu per kilogram. Sedangkan sebelumnya hanya di kisaran Rp13 ribu saja.

"Kondisi ini membuat kami senang dan juga berharap harga ini bisa terus membaik," ungkap Syafrigon 45, petani gambir di Kecamatan Lakitan Tengah, Kecamatan Lengayang, Senin (22/2).

Ia mengatakan kenaikan harga getah gambir itu mulai dirasakan petani sejak awal Januari 2021 lalu di Pessel.

Awal bulan Januari 2021harga getah gambir naik dari Rp 13 ribu per kilogram menjadi Rp 15 ribu. Hal itu terus meningkat dari minggu ke minggu pada angka Rp 17 ribu, Rp 19 ribu, dan Rp 23 ribu.

Hal yang sama juga dirasakan Mardis 54, petani gambir lainya di Nagari Surantiah Kecamatan Sutera.

Diakuinya bahwa dengan kembali naiknya harga getah gambir di daerah itu, sangat membantunya dalam memulihkan ekonomi keluarga. Apalagi sekarang masih dalam masa pandemi COVID-19.

"Saya merasa senang dengan kenaikan harga ini karena bisa memulihkan perekonomian keluarga dan petani gambir secara umumnya di Pessel," ujarnya.

Mardis mengatakan puncak kejayaan sebagai petani gambir pernah dirasakan sekitar empat setengah tahun lalu. Ketika harga 1 kilogram gambir menembus Rp90 ribu per kilogram.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Pessel Azral, mengatakan pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap kebutuhan dan perkembangan pasar, terutama getah gambir di daerah itu.

"Kenaikan harga yang terus terjadi hingga berada pada posisi Rp38 ribu di tingkat petani di daerah itu, memang karena tingginya permintaan konsumen dari luar nageri," katanya.

Dijelaskan juga bahwa pihaknya akan terus memberikan penyuluhan kepada petani gambir agar selalu meningkatkan kualitas hasil panen.

Sebab kualitas juga berpengaruh terhadap kenaikan harga. Kepercayaan konsumen memang diawali dari kualitas yang ditawarkan, termasuk juga kualitas getah atau pasta gambir ini.

"Sebab peluang kenaikan harga, sangat berkemungkinan akan masih terus terjadi ke depan," tuturnya.