Musim kemarau, BPBD Pasaman Barat ingatkan warga waspada kebakaran

id berita pasaman barat,berita sumbar,bakar

Musim kemarau, BPBD Pasaman Barat ingatkan warga waspada kebakaran

Kepala Pelaksana BPBD Pasaman Barat, Edi Busti. (Antarasumbar/Istimewa)

Kepada petani dalam mengolah lahan pertanian agar tidak membakar lahan. Sebab, dimusim kemarau mudah terjadi kebakaran,
Simpang Empat (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat agar meningkatkan kewaspadaan terkait kebakaran dimusim kemarau saat ini.

"Musim kemarau saat ini sudah terjadi satu bulan lebih. Hati-hati dengan kebakaran dan jangan mudah membakar lahan," kata Kepala Pelaksana BPBD Pasaman Barat, Edi Busti di Simpang Empat, Senin.

Ia mengatakan kepada masyarakat jangan mudah membakar lahan karena api akan begitu cepat membesar.

Selain itu warga agar selalu berhati-hati dalam menggunakan alat rumah tangga, berhati-hati terhadap arus pendek, dan tidak sembarangan membakar sampah.

"Kepada petani dalam mengolah lahan pertanian agar tidak membakar lahan. Sebab, dimusim kemarau mudah terjadi kebakaran," ujarnya.

Pihaknya saat ini telah menyiapkan beberapa peralatan untuk alat pemadam kebakaran. Sedangkan terhadap kekeringan ia menilai nantinya akan terjadi kekurangan air bersih.

"Kita akan berkoordinasi dengan seluruh camat untuk melihat daerah yang kekurangan air bersih. Kita bisa pasok air bersih kepada masyarakat, jika itu diperlukan," ungkapnya.

Hingga saat ini belum ada kebakaran yang melanda lahan pertanian warga. Tetapi pada Senin (21/2) empat unit rumah warga hangus terbakar di Batang Biyu Kecamatan Pasaman.

"Meskipun penyebab kebakaran rumah itu belum diketahui namun warga harus tetap waspada," katanya.***3***

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar