Dinas Pertanian Kota Solok harapkan pengurus Kopediperta lebih maju lagi

id Berita Solok, Sumbar

Dinas Pertanian Kota Solok harapkan pengurus Kopediperta lebih maju lagi

Salah seorang petani tengah memanen padi di sawah (Antara/Laila )

Solok (ANTARA) - Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Sumbar Ikhvan Marosa mengharapkan agar kepengurusan Koperasi Dinas Pertanian Tanaman Pangan (Kopediperta) lebih maju lagi ke depannya.

Menurut Ikhvan di Solok, Minggu selama ini perjalanan Kopediperta sudah cukup baik. Bahkan ia berharap Kopediperta menjadi lebih maju dan dilakukan regenerasi kepengurusan ke depannya.

Selain itu, ia mengatakan Kopediperta Kota Solok merupakan wadah organisasi koperasi yang berada dilingkup pegawai Dinas Pertanian dan alumni pegawai Dinas Pertanian. Kemudian saat ini juga dilangsungkan pemilihan kepengurusan baru untuk periode 2021/2023.

Ia menyebutkan jumlah keanggotaan Kopediperta pada 2020 sebanyak 88 orang yang tersebar di Dinas Pertanian, OPD di Pemerintah Kota Solok, pegawai yang telah purna tugas dan ASN yang telah pindah ke daerah lain.

Kopediperta sudah berdiri sejak 1981, kegiatan utama koperasi bergerak pada jasa simpan dan pinjam.

"Diharapkan pada pemilihan pengurus-pengawas 2021-2023 tidak mengganti keseluruhan pengurus. Minimal ada satu atau dua pengurus-pengawas yang lama dan ditambah pengurus yang baru,” kata dia.

Selain itu, ia mengatakan selama tiga tahun terakhir perjalanan Kopediperta cukup baik dan pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sudah berjalan tepat waktu.

Di samping itu, Ketua Dekopinda Kota Solok Fatrial Panai menjelaskan alur perjalanan Kopediperta sudah sesuai jalurnya mengikuti harapan dan keinginan masyarakat serta pimpinan daerah untuk menggalakkan program koperasi berpola syariah.

Untuk efektivitas waktu, pengurus dan pengawas Kopediperta periode 2018-2020 sudah melakukan penjaringan usulan calon pengurus-pengawas 2021-2023 melalui Aplikasi Google Form sehingga didapatkan usulan calon pengurus-pengawas untuk disepakati pada RAT kali ini.

Adapun RAT kali ini menerima laporan Pengurus dan Pengawas pada 2020 dan menetapkan pengurus-pengawas Periode 2021-2023.

Kepengurusan terpilih yaitu selaku Ketua Kopediperta Edi Haryanto, Sekretaris Efal Afriandoni, Bendahara Zulfitriyana. Sedangkan Pengawas diketuai oleh Amora dan anggota terdiri dari Denny Susanti dan Fathoni Abdillah.

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar