Pessel kembali adakan ajang Uda-Uni 2021

id berita sumbar,berita pessel,painan,mandeh

Pessel kembali adakan ajang Uda-Uni 2021

Pemilihan Uda-Uni di Pessel sebelum pandemi COVID-19. (Antara/ist)

Painan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olagraga Pessel kembali memberikan kesempatan bagi generasi muda, ingin ikut dalam ajang pemilihan Uda - Uni Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2021.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pessel Hadi Susilo mengatakan telah dibuka pendaftaran pemilihan Uda - Uni Pesisir Selatan tahun 2021.

"Pendaftaran dimulai dari tanggal 15 Februari di Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga. Ayo ikuti dan daftarkan, karena ini cukup positif bagi kalangan remaja," ujarnya.

Pemkab Pessel melalui Dispora menyiapkan hadiah Rp.30 juta dan untuk persyaratan peserta harus ber KTP Pesisir Selatan, usia 19 tahun minimal maksimal 24 tahun, tinggi Uda min 165 Cm dan Uni min 165 Cm dan ijazah terakhir min SMA / sederarajat.

Bila masih ragu, untuk melihat persyaratan lebih lengkap peserta bisa datang ke Kantor Dispora Pessel di Sago.

" Ini, positif bagi para peserta untuk menambah wawasan, pengetahuan serta pengalaman. Karena, nantinya para pemenang Uda - Uni Pessel tahun 2021 akan mewakili Kabupaten Pessel ketingkat Provinsi, " kata dia.

Ia mengatakan peran uda uni sangat besar bukan hanya sebagai duta wisata dan mengenalkan beragam objek wisata saja, namun juga kreatif dan inovatif dalam menciptakan pemikiran tentang wisata dan budaya.

Termasuk memberikan rekomendasi dan mendukung terkait program wisata yang dilaksanakan pemerintah.

"Tidak hanya mempromosikan, namun juga bisa menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengembangan wisata," ujarnya.

Seperti menggerakkan warga untuk tidak merusak fasilitas wisata di pantai atau ikut membersihkan lokasi wisata dan menjadi duta wisata juga terus membantu pengembangan informasi terkait wisata.

"Kedepannya seorang duta juga harus menguasai budaya daerahnya, termasuk mempromosikannya. Melalui prinsip tersebut seorang duta dapat mengidentifikasi kemudian mengenalkan kebudayaan seperti kesenian ke dunia. Misalnya mengenalkan kesenian,budaya dan lainnya ," ujarnya.

Hadi berharap supaya orang tua juga ikut mendukung anak - anaknya serta memberikan motivasi untuk ikut dalam pemilihaan Uda - Uni Kabupaten Pessel tahun 2021 ini.