Sumbar dapat bantuan Rp81 miliar untuk peningkatan tiga ruas jalan

id Infrastruktur sumbar

Sumbar dapat bantuan Rp81 miliar untuk peningkatan tiga ruas jalan

Anggota Komisi V DPR RI Athari Gauthi Ardi. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Sumatera Barat mendapatkan bantuan Rp81 miliar untuk peningkatan tiga ruas jalan nasional di perbatasan Jambi dan Riau.

"Kita perjuangkan sejak 2020. Tahun ini anggarannya tersedia. Mudah-mudahan bisa memberikan kemudahan akses bagi masyarakat," kata anggota Komisi V DPR RI Athari Gauthi Ardi dihubungi dari Padang, Selasa.

Tiga ruas jalan nasional itu Muaro Kalaban - Batas Jambi - Batas Riau di wilayah kerja PPK 2.2 Satker PJN II Sumbar.

Rinciannya paket I Muaro Kalaban - Kiliran Jao dengan anggaran Rp 40 miliar. Status sudah selesai lelang. Pemenang PT Zhafira. Paket II Dharmasraya - Batas Jambi Rp 20 miliar. Status sudah selesai lelang. Pemenang PT Tri jaya

Kemudian, paket III Kiliran Jao - Bts Riau - Dharmasraya Rp 21 miliar.

Paket itu adalah lanjutan dari putus kontrak tahun lalu. Status sedang lelang. Sebelumnya ruas ini sudah mendapatkan alokasi anggaran pada 2020, tapi tidak tuntas dikerjakan. Kemudian dialokasikan kembali pada 2021.

Satu-satunya perwakilan Sumbar di Komisi V DPR RI itu mengatakan ia terus berkoordinasi dengan kabupaten/kota untuk memperjuangkan pembangunan di Sumbar.

Menurutnya cukup banyak kegiatan pembangunan yang perlu diperjuangkan di tingkat pusat seperti fly over Sitinjau Laut, jalan Pelabuhan Teluk Tapang hingga jalan trans Mentawai.

"Fly Over itu kita harapkan dapat terujud. Saya akan fokus mengawalnya,"katanya.

Termasuk potensi objek pariwisata yang banyak di Sumbar. Karena Provinsi Sumbar cukup banyak danau. Begitu juga objek pariwisata yang cukup terkenal, Kawasan Mandeh yang merupakan Raja Ampat-nya Sumatera.

“Dengan potensi ini, Sumbar harusnya masuk skala prioritas nasional. Tapi sekarang ini saya akui belum. Saat ini saya akan berjuang bersama-sama ke depan selama lima tahun ini,” katanya.***1***