Terminal Anak Air Padang bisa untuk mal pelayanan publik

id terminal anak air

Terminal Anak Air Padang bisa untuk mal pelayanan publik

Foto udara aktivitas proyek pembangunan terminal tipe A, Anak Air, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu (6/1/2021) (Antara/Iggoy El Fitra)

Padang (ANTARA) - Terminal Tipe A Anak Air Padang, Sumatera Barat yang direncanakan bisa beroperasi lebaran 2021 bisa ditambahkan fungsi sebagai mal pelayanan publik.

"Terminal kini tidak hanya berfungsi sebagai terminal. Tetapi juga terintegrasi dengan mal pelayanan publik," kata Direktur Prasarana Transportasi Jalan Ditjen Hubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Popik Montanasyah di Padang, Senin.

Ia mengatakan itu dalam diskusi bersama Komisi V DPR RI usai peninjauan sejumlah proyek infrastruktur termasuk Terminal Tipe A Anak Air.

Ia mengatakan pada beberapa daerah Terminal Tipe A bahkan bisa terintegrasi dengan hotel atau pusat perbelanjaan tergantung potensi yang ada di daerah itu.

"Pembayaran pajak, perizinan untuk beberapa bidang tertentu bisa diintegrasikan karena konsep terminal sekarang memang sangat nyaman seperti bandara. Jangan ingat terminal zaman dulu," katanya.

Khusus di Terminal Anak Air yang sudah pasti akan digabungkan adalah pusat UMKM. Banyak spot dan tenan yang disediakan bagi UMKM sehingga nanti saat menunggu bus, penumpang bisa berbelanja oleh-oleh dulu diterminal.

Sementara itu Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah III Sumbar Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Deny Kusdyana menyebut operasional terminal tersebut direncanakan pada lebaran 2021.

"Kita tengah melengkapi semua fasilitas yang dibutuhkan agar nanti saat dibuka masyarakat benar-benar mendapatkan pelayanan yang prima," katanya.

Ia menjamin terminal itu nanti akan bebas preman dan akan dijaga oleh petugas selama 24 jam.

"Kita juga upayakan sekeliling terminal dipagar untuk memberikan rasa aman pada pengunjung," katanya.***1***