Payakumbuh mulai berlakukan zonasi COVID-19 tingkat RW

id berita payakumbuh,berita sumbar,zonasi

Payakumbuh mulai berlakukan zonasi COVID-19 tingkat RW

Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira. (Antarasumbar/Akmal Saputra)

Di Kota Payakumbuh kami sudah melakukan koordinasi dengan dinas kesehatan dan akan dilakukan zonasi di tingkat RW dan akan ada posko di tingkat kelurahan sesuai surat edaran dari Satgas COVID-19 pusat,
Payakumbuh (ANTARA) - Menindaklanjuti instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat mulai memberlakukan zonasi COVID-19 di tingkat RW.

Kapolres Payakumbuh, AKBP Alex Prawira di Payakumbuh, Senin, mengatakan selain zonasi COVID-19 di tingkat RW Kota Payakumbuh juga akan membentuk posko COVID-19 di tingkat kelurahan.

"Di Kota Payakumbuh kami sudah melakukan koordinasi dengan dinas kesehatan dan akan dilakukan zonasi di tingkat RW dan akan ada posko di tingkat kelurahan sesuai surat edaran dari Satgas COVID-19 pusat," ujarnya.

Ia mengatakan pemberlakuan zonasi tingkat RW dan posko COVID-19 di tingkat kelurahan diharapkan dapat menekan angka penambahan kasus positif COVID-19 di daerah itu. Sehingga seluruh zona di tingkat RW nantinya bisa menjadi zona hijau.

"Dalam pelaksanaannya tentu pihak kepolisian bersinergi dengan TNI, Dinas Kesehatan dan pihak lainnya dalam mengawasi posko tingkat kelurahan agar zonasi di tingkat RW berjalan sesuai dengan aturan," kata dia.

Aspek penanganan di posko COVID-19 di tingkat kelurahan memiliki empat aspek penting yakni pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Payakumbuh, Bakhrizal mengatakan pelaksanaan zonasi di tingkat RW ini akan mempermudah tugas dalam pengawasan dan menekan penyebaran COVID-19.

"Sekarang secara zonasi hanya ada sembilan RW di Payakumbuh yang berada pada zona kuning, sisanya hijau dan tidak ada yang oranye apalagi merah," ujarnya.

Ia mengharapkan agar dalam 15 hari ke depan, seluruh RW ini akan berstatus zona hijau. Dalam pelaksanaan ini akan saling bekerja sama antara Polri, TNI, Satpol-PP dan pemerintahan di tingkat kelurahan.

"Secara jumlah dan secara grafik angka kasus positif COVID-19 kita di Payakumbuh sudah menurun. Meski begitu kita tidak boleh lengah dan terus melakukan upaya-upaya dalam menekan kasus positif ini," ujarnya.