LL DIKTI X: 70 persen program studi terakreditasi A dan B

id bertia sumbar,berita lldikti

LL DIKTI X: 70 persen program studi terakreditasi A dan B

LL DIKTI X: 70 persen program studi terakreditasi A dan B

Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL DIKTI) Wilayah X menyebutkan 70 persen program studi di perguruan tinggi swasta di wilayahnya yang meliputi Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau sudah terakreditasi A dan B.

"Saat ini 70 persen program studi dari perguruan tinggi yang berada di wilayah kerja LL DIKTI X telah terakreditasi A dan B," kata Kepala LLDIKTI X Prof Dr Herri MBA, di Padang, Senin (15/2).

Hal itu dikatakannya saat menerima kunjungan kerja Komisi X DPR RI pada reses masa persidangan 2020 - 2021 ke Provinsi Sumatera Barat.

Namun demikian, dari segi akreditasi perguruan tinggi ia mengakui belum ada satupun Perguruan tinggi Swasta (PTS) yang memiliki program studi A atau yang biasa disebut berkualifikasi unggul.

Menurutnya salah satu kendala adalah jumlah dosen berkualifikasi doktor yang masih rendah.

Sejalan dengan itu, lanjutnya, jumlah mahasiswa pun terus mengalami kenaikan.

Selain karena mutu PTS yang sudah baik, bantuan dana pemerintah melalui beasiswa bidikmisi atau KIP Kuliah pun mendongkrak tingginya akses pendidikan di PTS.

Karena bantuan dana pendidikan telah membantu anak-anak yang ingin melanjutkan studi.

Herri berharap agar Komisi X DPR RI bisa berdiskusi dengan Kemendikbud agar BUMN bisa membuka luas kesempatan magang bagi mahasiswa.

Hal itu dilakukan dalam upaya menyukseskan program Merdeka Belajar: Kampus Merdeka dan meningkatkan kompetensi mahasiswa.

Di akhir paparannya ia juga mengusulkan agar pemerintah menyediakan platform pembelajaran daring yang mudah akses hingga pelosok daerah, tidak terkecuali yang jauh dari jangkauan internet