Stimulus COVID-19 listrik gratis bantu ringankan beban masyarakat Sumbar

id PLN, stimulus, listrik gratis, penerima subsidi

Stimulus COVID-19 listrik gratis bantu ringankan beban masyarakat Sumbar

Stimulus PLN (Antara/ist)

Padang (ANTARA) - Stimulus COVID-19 dalam bentuk listrik gratis dan diskon tagihan listrik bagi pelanggan bersubsidi masih terus dinikmati masyarakat hingga Maret nanti, sebagai upaya untuk membantu meringankan beban kelompok masyarakat tidak mampu dan rentan dalam menghadapi pandemi.

“PLN telah melakukan berbagai upaya untuk meringankan para pelanggan yang terdampak pandemi. Salah satunya melalui penyaluran stimulus listrik yang Alhamdulillah terus diperpanjang hingga Maret 2021. Selain itu, untuk mempermudah PLN juga membuka saluran tambahan melalui Aplikasi PLN Mobile yang memudahkan pelanggan mendapatkan stimulus hanya dengan membuka hansphone," ujar Bambang Dwiyanto General Manager PLN UIW Sumbar seperti dirilis, Kamis.

Berdasarkan keputusan pemerintah, perpanjangan pelaksanaan listrik gratis dan diskon token listrik dapat diklaim oleh pelanggan PLN kategori rumah tangga 450 volt ampere (VA) dan 900 VA bersubsidi, serta katagori bisnis dan industri daya 450 VA.

Untuk wilayah kerja PLN Sumbar, pada periode Februari 2021 PLN telah menyalurkan stimulus listrik untuk 505.775 pelanggan rumah tangga daya 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA bersubsidi serta 5.180 pelanggan bisnis dan industri daya 450 VA.

Biaya listrik gratis diberikan pada pelanggan PLN daya 450 VA golongan rumah tangga (R1/TR 450) dan pelaku UMKM golongan bisnis kecil daya 450 VA (B1/TR 450 VA) dan golongan industri kecil daya 450 VA (I1/TR 450 VA). Sedangkan pelanggan daya 900 VA rumah tangga bersubsidi mendapatkan diskon tarif listrik 50%.

Bagi masyarakat yang ingin memperoleh diskon token listrik stimulus COVID-19, khusus daya 450 VA cara paling mudah dapat dilakukan melalui Aplikasi PLN Mobile yang terdapat di Playstore atau Appstore. Setelah selesai mengunduh, pelanggan dapat masuk ke aplikasi PLN Mobile dengan cara:

1. Buka aplikasi PLN Mobile.

2. Klik “PLN Peduli Covid-19” pada bagian Info & Promo.

3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter.

4. Token gratis akan muncul.

5. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

PLN juga tetap menyediakan akses melalui website https://stimulus.pln.co.id/ atau melalui layanan WhatsApp melalui nomor 08122-123-123. Hal ini dilakukan untuk memberikan banyak pilihan akses agar pelanggan mudah mendapatkan stimulus listrik ini.

Sementara untuk pelanggan penerima stimulus token RT 900 VA, tidak perlu melihat PLN Mobile,WA atau Website karena token diskon 50 % langsung didapat atau diperoleh saat pelanggan membeli token (harga belum termasuk PPJ).

Zulmaini, salah satu penerima stimulus COVID-19 mengucapkan rasa terima kasihnya pada PLN. “Terima kasih kepada pemerintah dan PLN telah meringankan beban kami dalam masa-masa sulit dampak COVID-19 dengan memberikan bantuan token gratis, ini sangat berarti untuk kami,” ujar Zulmaini.

Stimulus yang diberikan pada periode Januari – Maret 2021 maksimal setara dengan 720 jam nyala. Pemakaian di atas itu akan dikenakan tarif normal subsidi. Stimulus ini berlaku untuk pelanggan pascabayar penghitungan rekening hingga Maret 2021. Sementara itu, untuk pelanggan pra bayar berlaku saat pembelian token listrik hingga Maret 2021.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar