Masyarakat dan polisi kerja bakti usai perusakan Polsek Sungai Pagu

id Polda Sumbar,Padang,Sungai Pagu,solok selatan, penembakan

Masyarakat dan polisi kerja bakti usai perusakan Polsek Sungai Pagu

Personel kepolisian dan masyarakat bekerja sama memperbaiki Polsek Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan yang dirusak warga beberapa waktu lalu (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Kabid Humas Polda Sumatera Barat Kombes Pol Satake mengatakan pihaknya bersama masyarakat melakukan kerja bakti di Polsek Sungai Pagu yang sempat dirusak oleh masyarakat setempat karena DPO berinisial D yang tertembak oleh petugas kepolisian di Kabupaten Solok Selatan.

Personel yang ikut kerja bakti ini diantaranya personel Polres Solok Selatan, Polsek Sungai Pagu bersama masyarakat sekitar.

Ia mengatakan kerja bakti itu telah dilakukan sejak dua hari. Masyarakat setempat bersama persobel kepolisian bekerja sama dan saling bahu membahu membersihkan Polsek Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan/

Ia mengatakan puing-puing material bekas kerusakan yang ada di Mapolsek tersebut dibersihkan secara bersama-sama.

"Tadi juga masih berlangsung seperti melakukan pengecetan Mako Polsek bersama masyarakat, ini bentuk sinergitas Polri dengan masyarakat," kata dia.

Sebelumnya Puluhan orang mendatangi serta melempari kantor Kepolisian Sektor Sungai Pagu, Solok Selatan, pada Rabu (27/1) sekitar pukul 15.00 WIB. Massa melakukan pelemparan yang mengakibatkan kaca pecah.

Pemicu aksi tersebut diduga berawal ketika polisi hendak menangkap salah seorang pelaku tindak pidana judi berinisial D yang namanya masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) di daerah setempat. Dalam penangkapan itu pelaku diketahui meninggal dunia, sehingga diduga berbuntut aksi pelemparan ke kantor Polsek Sungai Pagu.Kapolres Solok Selatan AKBP Tedy Purnanto mengatakan usai kejadian pihaknya telah mengerahkan 30 personel Polres Solok Selatan ke Polsek Sungai Pagu untuk melakukan pengamanan dan antisipasi.

Selain itu Polda Sumbar juga mengerahkan 85 personel Brimob ke Kabupaten Solok Selatan dalam rangka mengamankan situasi, sebanyak 1 Satuan Setingkat Kompi (SKK) dengan jumlah 85 personel.

Baca juga: DPRD Solok Selatan minta Polri beri keadilan keluarga DPO yang ditembak mati polisi

Baca juga: Istri DPO penembakan polisi di Solok Selatan diperiksa lima jam di Polda Sumbar