Masyarakat Kelurahan Tanjung Paku keluhkan sulitnya mendapatkan pupuk pertanian

id Nasril In Dt Malintang Sutan ,Kelurahan Tanjung Paku,keluhkan kesulitan pupuk,berita solok,solok terkini,berita sumbar

Masyarakat Kelurahan Tanjung Paku keluhkan sulitnya mendapatkan pupuk pertanian

Anggota DPRD Kota Solok Nasril In Dt Malintang Sutan mengadakan Reses ke daerah pemilihannya di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok, Sumbar. (Antara/HO)

Arosuka, (ANTARA) - Masyarakat Kelurahan Tanjung Paku, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok, Sumatera Barat mengeluhkan kesulitan mendapatkan pupuk pertanian dan saluran irigasi Ampang Rajo saat ini juga tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Solok Nasril In Dt Malintang Sutan di Solok, Jumat, menerima keluhan masyarakat tersebut diketahui saat reses ke daerah pemilihannya di Kelurahan Tanjung Paku.

Ia mengatakan masa reses itu merupakan untuk menjaring aspirasi masyarakat secara langsung.

Berdasarkan hasil reses tersebut terdapat beberapa keluhan masyarakat yang masih kesulitan mendapatkan pupuk,selain itu petani juga mengeluhkan saluran irigasi ampang rajo yang saat ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Kondisi irigasi ampang rajo saat ini memang sangat memprihatinkan sebab saluran irigasi tersebut sudah banyak yang rusak sehingga air yang semestinya dapat mengaliri areal persawahan sebanyak 60 hektare, namun pada saat ini tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Ia mengatakan pembangunan irigasi ampang rajo dikerjakan pada April tahun 2015 lalu. Namun di duga kurang diawasi sebagaimana mestinya oleh Dinas Pekerjaan Umum,sebab diperkirakan delapan bulan setelah saluran irigasi dikerjakan, saluran irigasi sudah banyak yang bocor dan ada sebahagian coran lantainya habis di kikis oleh air.

Selain persoalan pertanian masyarakat ada juga yang mengusulkan pemasangan jaringan baru untuk air minum PDAM,lokasi tersebut terdapat di jalan gurun koto anau RT.01/RW.03 atau di samping kantor Lurah Tanjung Paku.

“Melalui reses tersebut nantinya,segala macam bentuk usulan akan kita rekap dan dibuat laporan kemudian diteruskan kepada pimpinan Dewan dan selanjutnya akan kita teruskan ke Walikota Solok yang kemudian dilanjutkan kepada OPD terkait,” ujarnya.

Nasril In berharap, apa yang menjadi usulan masing - masing perwakilan masyarakat dapat disampaikan kembali kepada masing - masing lurah, yang kemudian dibahas pada Musrenbang tingkat kelurahan hingga kecamatan dan tingkat kota.

“Insya Allah, semua usulan ini akan kami kawal dan mudah-mudahan bisa terakomodir semuanya,” katanya. (*)