Bilbao lengkapi jajaran peserta perempat final Copa del Rey usai kalahkan Alcoyano 2-1

id copa del rey,bilbao,alcoyano,inaki williams,asier villalibre,mourad el ghezouani

Bilbao lengkapi jajaran peserta perempat final Copa del Rey usai kalahkan Alcoyano 2-1

Ilustrasi pertandingan babak 16 besar Copa del Rey antara Alcoyano melawan Athletic Bilbao yang berlangsung Jumat (29/1/2021) dini hari WIB. (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta, (ANTARA) - Athletic Bilbao melengkapi jajaran peserta babak perempat final Copa del Rey setelah melewati Alcoyano dengan skor tipis 2-1 dalam laga 16 besar di Stadion El Collao, Alcoy, Spanyol, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Kendati berstatus tim strata ketiga, Alcoyano tidak ragu-ragu untuk bermain terbuka menghadapi Bilbao, terlebih mereka punya bekal menciptakan kejutan dengan menyingkirkan Real Madrid di babak sebelumnya.

Dua menit pertama, Alcoyano langsung menciptakan dua peluang melalui sepakan jarak jauh Angel Lopez yang masih melenceng dan sundulan Mourad El Ghezouani yang sayangnya mampu diamankan kiper Jokin Ezkieta.

Enggan didikte, Bilbao balik mengancam lewat Mikel Vesga yang menyambar bola muntah tembakan Oihan Sancet, tetapi kiper Jose Juan berhasil meredam bahaya itu.

Alcoyano meramu kisah kejutan Copa del Rey ketika mampu mencuri keunggulan pada menit ke-39 melalui eksekusi tendangan bebas Pablo Carbonell yang bersarang tepat ke pojok kanan atas gawang Bilbao.

Bilbao berusaha membalas, tetapi Vesga yang mendapat peluang dalam kemelut di muka gawang menyusul situasi sepak pojok gagal menemui sasaran.

Tertinggal satu gol membuat Bilbao tampil lebih bernafsu di babak kedua dan delapan menit setelah sepak mula mereka mampu menyamakan kedudukan melalui tandukan Asier Villalibre menyambut umpan silang Inigo Lekue.

Bilbao terus menggempur pertahanan tuan rumah tetapi lima percobaan yang dilepaskan Unai Nunez, Iker Muniain dan Villalibre belum juga membuahkan gol.

Baru pada menit ke-78 Bilbao berhasil membalikkan keadaan melalui gol sundulan lain, yang kali ini dicetak oleh Inaki Williams menyelesaikan umpan tendangan bebas Muniain demi berbalik unggul 2-1 atas Alcoyano.

Sejak gol itu, Alcoyano semakin terkurung dan kesulitan membangun serangan bahkan cukup beruntung tidak kalah lebih telak dari 1-2 setelah pertahanan mereka diberondong setidaknya lima percobaan tembakan lagi dari Bilbao.

Bilbao menyusul langkah tujuh tim lain yang sudah lebih dulu lolos ke perempat final yakni Levante, Villarreal, Real Betis, Sevilla, Almeria, Barcelona dan Granada, demikian catatan laman resmi RFEF.

Babak perempat final rencananya akan diundi oleh RFEF lewat siaran langsung di berbagai kanal resmi mereka pada Jumat petang nanti.