Seluruh tahapan vaksinasi COVID-19 di Payakumbuh akan diamankan Polres setempat

id berita payakumbuh,berita sumbar,vaksin

Seluruh tahapan vaksinasi COVID-19 di Payakumbuh akan diamankan Polres setempat

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Bakhrizal bersama dengan Kasat Intel Polres Payakumbuh, AKB Luhur Fachri dan petugas kepolisian yang menjaga lokasi penyimpanan vaksin. (Antarasumbar/Akmal Saputra)

Kemaren dalam penjemputan vaksin personel kami ikut dalam pengawalan,
Payakumbuh (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) akan menyiapkan personelnya untuk mengamankan seluruh tahapan vaksinasi COVID-19 di daerah tersebut.

Kapolres Payakumbuh, AKBP Alex Prawira di Payakumbuh, Kamis, mengatakan Polres Payakumbuh siap mendukung dalam menyukseskan vaksinasi COVID-19.

"Kemaren dalam penjemputan vaksin personel kami ikut dalam pengawalan. Saat ini juga ada personel yang melakukan penjagaan di UPTD Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Payakumbuh tempat vaksin di simpan," kata dia.

Ia mengatakan di lokasi penyimpanan vaksin jenis Sinovac di Payakumbuh itu akan ada dua personel yang akan melakukan penjagaan setiap harinya secara bergantian.

Tidak hanya di lokasi, nantinya pihak kepolisian juga akan mengamankan lokasi pencanangan dan lokasi pemberian vaksinasi COVID-19, yakni di delapan puskesmas dan tiga rumah sakit.

"Mulai dari Polsek hingga Babin Kamtibmas juga akan ikut dalam membantu pengamanan kegiatan vaksin COVID-19," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini sudah ada beberapa nama personel yang telah diberikan pihaknya kepada Dokes Polda dan telah didaftarkan untuk diberikan vaksinasi COVID-19.

Namun, untuk pemberian vaksin kepada personel kepolisian ini, pihaknya akan mengikuti mekanisme dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) Payakumbuh karena ada beberapa hal yang hanya dapat diputuskan oleh tenaga medis.

"Ada persyaratan-persyaratan yang memang harus dipenuhi dalam pemberian vaksin, ini kami akan ikut kepada mekanisme dari dinas kesehatan," katanya.

Selanjutnya, Kapolres juga meminta agar masyarakat tidak ikut dalam penyebaran informasi bohong terkait COVID-19. Serta terlebih dahulu dapat menyaring informasi yang didapatkan.

"Kalau memang ada informasi yang dibutuhkan silahkan tanya kepada sumber yang terpercaya, ke kami di kepolisian juga bisa dan tentunya juga bisa ke dinas kesehatan," ujarnya.

Sebelumnya, sebanyak 2.320 dosis vaksin COVID-19 telah sampai di Kota Payakumbuh dan saat ini sedang disimpan di UPTD Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan daerah setempat.

Kepala DKK Payakumbuh, Bakhrizal mengatakan pencanangan pemberian vaksin jenis Sinovac akan dimulai pada awal Februari 2021 yang akan diberikan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).