Legislator nilai Pemprov belum optimal manfaatkan aset daerah

id DPRD Sumbar,Padang,optimalisasi aset,pendapatan asli daerah

Legislator nilai Pemprov belum optimal manfaatkan aset daerah

Ketua Komisi III DPRD Sumbar Afrizal (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Ketua Komisi III DPRD Sumatera Barat Afrizal menilai pemerintah provinsi belum optimal dalam memanfaatkan potensi aset daerah sehingga pendapatan daerah terkesan stagnan.

"Selama ini pemprov dimanjakan dengan dana perimbangan, dana alokasi umum dan dana alokasi khusus dari pusat," kata Afrizal saat dihubungi dari Padang, Rabu.

Padahal, menurut dia, pemerintah pusat dalam kondisi saat ini juga kewalahan karena APBN harus tersedot untuk penanganan pandemi COVID-19.

"Kita juga demikian sehingga harus ada upaya maksimal dalam mencari pendapatan daerah," kata dia.

Untuk itu, ia menambahkan, salah satu upaya yang harus dilakukan untuk optimalisasi pendapatan adalah dengan melakukan penataan aset daerah yang tersebar di seluruh Sumatera Barat.

"Mulai dari kafe yang ada di seluruh SMA yang ada di Sumatera Barat. Selama ini uang sewa tempat jualan di sekolah tidak tahu kemana, padahal bangunan tersebut di atas tanah pemprov," katanya.

Selain itu, terdapat Dinas Pendidikan Sumatera Barat yang memiliki gerai penjual makanan dan minuman di atas tanah pemda, namun belum menyetorkan uang sewa untuk pendapatan daerah.

"Ini yang coba kita dorong kepada pemerintah daerah agar fokus dalam pendataan aset daerah dan memaksimalkan potensi ekonomi yang ada," kata Afrizal.