Komisi III DPRD Sumbar targetkan pendapatan lain-lain yang sah Rp400 miliar

id DPRD Sumbar,Komisi III,pendapatan daerah

Komisi III DPRD Sumbar targetkan pendapatan lain-lain yang sah Rp400 miliar

Ketua Komisi III DPRD Sumatera Barat Afrizal (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Komisi III DPRD Sumatera Barat menargetkan pendapatan lain-lain yang harus dicapai pemerintah provinsi adalah RP400 miliar lebih.

"Saat ini posisinya pendapatan lain-lain itu sebesar Rp325 miliar, kita minta agar mereka fokus dan mampu menaikkan hal itu," kata Ketua Komisi III DPRD Sumbar Afrizal ketika dihubungi di Padang, Rabu.

Menurut dia, kenaikan target ini bukan tanpa alasan namun ada formula yang dapat diperbuat oleh pemprov, dimana selama ini tidak dilakukan karena fokus terhadap dana dari pusat.

"Kita harus jeli melihat potensi yang ada agar pendapatan terus bertambah karena alokasi dana dari pusat tahun ini dipastikan berkurang karena pandemi," kata dia.

Ia mencontohkan tanah bangunan Hotel Novotel di Kota Bukittinggi merupakan aset pemerintah daerah dan dikerjasamakan sehingga menghasilkan pendapatan langsung bagi daerah.

Menurut dia, aset pemerintah provinsi cukup banyak dan ini yang coba ditata ulang kembali dan dibuat perjanjian kerja sama untuk menambah penghasilan daerah.

Selain itu ada bangunan SMK N 2 Padang yang cukup luas dan di atasnya ada minimarket, itu uang sewanya kemana padahal tanah tersebut adalah milik pemerintah daerah.

"Kita sudah berkonsultasi dengan Kemendagri terkait hal ini dan aset yang ada dapat dikelola oleh pihak ketiga dan menghasilkan dana untuk daerah," kata dia.

Menurut dia, ada banyak jumlah SMA yang ada di Sumatera Barat dan di sana ada dibangun kafe atau tempat makan yang disewakan kepada pedagang.

"Jika ada regulasi dan uang sewa masuk ke kas daerah tentu cukup besar karena memang berdiri di atas tanah provinsi," kata dia.***1***