Di Solok Selatan pemberian vaksin tahap pertama awal Februari, ini peruntukannya

id Doni Rahmat Samulo,solok selatan,vaksin covid-19,berita sumbar

Di Solok Selatan pemberian vaksin tahap pertama awal Februari, ini peruntukannya

Penjabat Sekretaris Daerah Solok Selatan Doni Rahmat Samulo. (ANTARA/Erik IA)

Padang Aro, (ANTARA) - Penjabat Sekretaris Daerah Solok Selatan Doni Rahmat Samulo mengatakan pemberian vaksin COVID-19 di Kabupaten itu akan dilaksanakan pada minggu pertama Februari hingga April 2021.

"Vaksin Sinovac diperkirakan akan tiba di Solok Selatan pada akhir Januari ini dan penyuntikannya sudah dipersiapkan oleh Dinas Kesehatan," katanya di Padang Aro, Selasa.

Pemerintah kabupaten Solok Selatan mendapatkan kuota vaksin sebanyak 1.197 dosis dan pelaksanaannya di 11 fasilitas kesehatan yang ada.

Vaksin tahap pertama diperuntukkan bagi tenaga kesehatan, Forkopimda, sejumlah pejabat publik dan petugas layanan masyarakat.

Sedangkan untuk pemberian vaksin gelombang kedua akan ditujukan pada tenaga pendidik, pelaku ekonomi, aparatur pemerintah serta masyarakat yang rentan terpapar COVID-19.

Dia mengimbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 walaupun sudah ada vaksin.

Pemberian vaksin akan dilakukan dua kali dalam rentang dua pekan dan sebelum divaksin, calon penerima vaksin harus mengecek kondisi kesehatannya terlebih dahulu, serta harus memenuhi syarat.

Pasien yang pernah terkonfirmasi COVID-19 tidak akan divaksin lagi karena antibodinya sudah terbentuk di dalam tubuh.

Orang yang akan mendapatkan vaksinasi COVID-19 ialah warga yang berumur 18 sampai 59 tahun dengan syarat tidak sedang hamil, tidak memiliki alergi berat, tidak memiliki riwayat gangguan syaraf, tidak ada kelainan penyakit berat di antaranya diabetes, ginjal, hati, dan jantung.

Sebelumnya pelaksana tugas Bupati Solok Selatan Abdul Rahman mengatakan mendukung pemberian vaksin COVID-19 dan siap untuk disuntik vaksin tersebut.

"Saya selaku pelaksana tugas Bupati Solok Selatan kalau memang sudah ada jadwal penyuntikan vaksin COVID-19 saya juga siap," katanya.

Ia mengatakan, sangat mendukung sesuatu yang baik dan demi kepentingan orang banyak, apalagi untuk mencegah penularan COVID-19 yang sampai saat ini sangat mengkhawatirkan.

"Dengan adanya vaksin ini semoga bisa mencegah penularan COVID-19 di Indonesia," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar