Liga Jerman, Bayern unggul tujuh poin setelah lucuti Schalke empat gol tanpa balas

id liga jerman,schalke04,bayern munich

Liga Jerman, Bayern unggul tujuh poin setelah lucuti Schalke empat gol tanpa balas

Penyerang Bayern Munich Robert Lewandowski merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Schalke 04 pada pertandingan Liga Jerman yang dimainkan di Veltins Arena, Gelsenkirchen, Minggu (24/1/2021). (ANTARA/AFP/LEON KUEGELER)

Jakarta (ANTARA) - Bayern Munich unggul tujuh poin di pucuk klasemen Liga Jerman, setelah melucuti tuan rumah Schalke 04 dengan kemenangan 4-0, pada pertandingan Liga Jerman yang dimainkan di Stadion Veltins Arena, Gelsenkirchen, Minggu.

Thomas Mueller membuka keunggulan tim Bavaria itu dengan golnya pada menit ke-33.

Robert Lewandowski kemudian mengemas gol pada menit ke-54 untuk menggandakan keunggulan Bayern, dan Mueller mengukir gol keduanya pada menit ke-88.

Bek tengah David Alaba lantas menutup pesta Bayern dengan golnya pada menit ke-90, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Bayern kini memuncaki klasemen dengan koleksi 42 poin, sedangkan Schalke semakin terpuruk di posisi juru kunci dengan tujuh poin, terpaut sepuluh poin dari zona aman dan selisih gol -37.

Schalke sebenarnya mampu meladeni permainan tamunya pada awal laga, dengan ditandai upaya Timo Becker melepaskan sepakan yang dapat ditahan kiper Manuel Neuer.

Bayern lantas balas mengancam melalui tembakan melebar Leroy Sane dan Serge Gnabry.

Mark Uth membuang peluang emas bagi Schalke saat tandukannya mengarah lurus ke Neuer.

Kiper Schalke Ralf Faehrmann kemudian harus menahan tembakan-tembakan akurat dari Gnabry dan Mueller.

Bayern akhirnya mampu memecah kebuntuan sebelum turun minum, saat Mueller menanduk umpan silang akurat kiriman Joshua Kimmich untuk menjadi gol.

Babak kedua berlangsung dengan tempo serupa dan Bayern kembali mengancam melalui sepakan melebar Gnabry.

Seolah tidak mau kalah, Schalke balas mengancam melalui situasi tendangan sudut, saat bola ditanduk Matija Nastatic untuk ditepis Neuer.

Kelengahan barisan pertahanan Schalke berbuah petaka.

Kimmich mengirimkan bola panjang dari belakang yang leluasa diterima Lewandowski, untuk kemudian dikontrol sebentar dan diakhiri dengan sepakan akurat masuk ke gawang tuan rumah.

Tertinggal dua gol, Schalke masih berupaya membalas melalui sepakan melebar Suat Serdar dan Uth.

Sayangnya kegigihan Schalke mencapai batasnya pada fase akhir pertandingan.

Setelah Mueller meneruskan tendangan bebas Kimmich untuk menjadi gol ketiga Bayern, Alaba menutup pesta gol melalui sepakan jarak jauhnya tanpa dapat diantisipasi Faehrmann.

Pada pertandingan putaran selanjutnya yang akan berlangsung pada Sabtu (30/1) depan, Bayern akan menjamu Hoffenheim sedangkan Schalke bertandang ke markas Eintracht Frankfurt.

Susunan pemain:

Schalke 04 (4-2-3-1): Ralf Faehrmann, Timo Becker, Ozan Kabak, Matija Nastatic, Bastian Oczipka, Benjamin Stambouli, Suat Serdar, Benito Raman, Mark Uth, Amine Harit (Alessandro Schoepf 72'), Matthew Hoppe (Nassim Boujellab 72')

Pelatih: Christian Gross

Bayern Munich (4-2-3-1): Manuel Neuer, Niklas Suele, Jerome Boateng, David Alaba, Alphonso Davies (Lucas Hernandez 68'), Joshua Kimmich, Leon Goretzka, Serge Gnabry (Jamal Musiala 64), Thomas Mueller, Leroy Sane (Kingsley Coman 64'), Robert Lewandowski

Pelatih: Hansi Flick