Solok Selatan peroleh bantuan peningkatan kualitas rumah Rp1,08 miliar

id rehab rumah, berita solok selatan, berita sumbar

Solok Selatan peroleh bantuan peningkatan kualitas rumah Rp1,08 miliar

Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman Dinas Perumkim dan LH Solok Selatan Alvino Sendra (Antara/Erik IA)

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat memperoleh Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp1,08 miliar untuk peningkatan kualitas rumah tidak layak huni pada 2021.

"Tahun ini ada 54 unit rumah tidak layak huni yang memperoleh bantuan peningkatan kualitas dan masing-masing rumah dibantu Rp20 juta," kata Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman Dinas Perumkim dan LH Solok Selatan Alvino Sendra di Padang Aro, Sabtu.

Untuk bantuan peningkatan kualitas rumah pada 2021 tersebar di tiga Nagari yaitu Bomas Lubuk Gadang Barat dan Pasir Talang Selatan masing-masing 18 unit.

Untuk penerima bantuan perumahan ini katanya, nama penerima sudah ada diaplikasi Elektronik Rumah Tidak Layak Huni (RTRH) yang diajukan Wali Nagari.

Saat ini penerima bantuan sedang divalidasi oleh fasilitator seperti kondisi rumah layak atau tidak, kemudian lahan dan kesediaan untuk swadaya.

Dia menyebutkan, bantuan peningkatan kualitas rumah tahun ini nilainya Rp20 juta lebih besar dibanding 2020 yang hanya Rp17,5 juta setiap rumah.

Untuk data rumah tidak layak huni di Solok Selatan saat ini katanya, sebanyak 3.908 unit yang tersebar di seluruh Nagari.

Dia mengatakan, bantuan perumahan pada 2020 realisasinya 100 persen sehingga tahun ini kembali mendapat bantuan lagi.

Realisasi bantuan perumahan di Solok Selatan selalu berjalan baik bahkan tahun lalu Kabupaten itu mendapat tambahan bantuan untuk 300 unit peningkatan kualitas.

"Kami berharap untuk 2021 berjalan lancar dan bisa terealisasi 100 persen sehingga tahun depan kembali mendapat bantuan agar 3.908 rumah tidak layak huni bisa direhab secara bertahap," ujarnya.