Wako Pariaman dorong generasi muda buka usaha dimasa pandemi COVID-19

id berita pariaman,berita sumbar,HIPMI

Wako Pariaman dorong generasi muda buka usaha dimasa pandemi COVID-19

Ketua Ketua BPD HIPMI Sumbar M. Iqra Chissa sedang memimpin ikrar pengurus DPC HIPMI Pariaman yang disaksikan oleh Walikota Pariaman Genis Umar (kiri) di Pariaman, Jumat. (Antarasumbar/Aadiaat M.S.)

Apalagi pemuda, mereka masih energik dan memiliki banyak ide kreatif,
Pariaman (ANTARA) - Walikota (Wako) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), Genius Umar mendorong generasi muda di daerah itu untuk membuka usaha dimasa pandemi COVID-19.

"Beban APBD semakin besar, jadi generasi muda harus memiliki pikiran keluar dari zona nyaman. Buka usaha, nanti kami bantu," kata dia saat sambutan pada Pelantikan Pengurus Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Pariaman di Pariaman, Jumat.

Ia mengatakan untuk mengembangkan suatu daerah tidak saja dapat dilakukan oleh pemerintah saja apalagi dimasa pandemi COVID-19 namun juga banyak pihak salah satunya pengusaha.

"Apalagi pemuda, mereka masih energik dan memiliki banyak ide kreatif," katanya.

Saat ini, lanjutnya di Pariaman banyak muncul kafe yang pemiliknya merupakan generasi muda dan menurutnya mereka juga tergabung ke dalam HIPMI.

Ia mengajak HIPMI membuat hotel di Pariaman dan bahkan berkolaborasi dengan pemerintah setempat untuk mendirikan hotel di daerah itu.

"Pariaman kota wisata, siang hari bus pariwisata banyak datang, namun malamnya mereka tidur di Bukittinggi," ujarnya.

Menurutnya banyaknya wisatawan datang ke Pariaman dapat dimanfaatkan oleh pengusaha dan bahkan HIPMI juga dapat berinvestasi dengan mendirikan hotel berbintang di daerah itu.

Sementara Ketua Umum Badan Pengurus Daerah HIPMI Sumbar, M. Iqra Chissa mengatakan pada 2020 Indonesia dihadapkan dengan banyak permasalahan diantaranya pandemi COVID-19 yang berakibat pada pengangguran.

Menurutnya untuk membantu keluar dari masalah ekonomi tersebut dapat dilakukan dengan peran anak muda.

"Hal ini juga sama pada 1998, saat itu banyak konglomerat yang pergi, namun anak muda dan UMKM bangkit dan sekarang usaha mereka sukses," kata dia.

Ia mengharapkan arahan dari Walikota Pariaman agar usaha anggota HIPMI setempat dapat berkembang dan kemampuannya dapat terus meningkat sehingga dapat berkarir di kancah nasional.

Ketua Umum BPC HIPMI Kota Pariaman, Yogi Firman mengharapkan kehadiran pihaknya dapat membangkitkan semangat generasi muda lainnya di daerah itu untuk membuka usaha.

"Ada pemikiran bahwa membuka usaha merupakan pelarian anak muda karena tidak diterima bekerja baik di pemerintahan maupun di swasta," ujar dia.

Padahal, lanjutkan dengan membuka usaha maka dapat membuka lapangan pekerjaan serta menumbuhkan perekonomian masyarakat.

Oleh karena itu ia berharap dengan adanya pihaknya maka dapat mengubah pemikiran generasi muda di Pariaman untuk membuka usaha dan tidak menunggu adanya lowongan kerja baik dari pihak pemerintah maupun dari swasta.