Warga Baringin, Padang berharap jembatan gantung segera diperbaiki

id berita padang,berita sumbar,jembatan

Warga Baringin, Padang berharap jembatan gantung segera diperbaiki

Anggota DPRD Padang Edmon (kanan) saat reses meninjau jembatan Baringin Padang. (antarasumbar/Istimewa)

Sebelumnya sudah pernah dikerjakan, namun karena ada banjir besar konstruksi jembatan yang sedang dipasang hanyut diseret air sungai,
Padang (ANTARA) - Warga Kelurahan Baringin, Kecamatan Lubuk Kilangan, Padang berharap pemerintah dan pihak terkait segera memperbaiki jembatan gantung yang menghubungkan kampung Beringin dengan Kampung Pulau melintasi Sungai Baringin.

"Saat ini kondisi jembatan gantungnya sudah mulai terjadi kerusakan karena lapuk dan tiang penyangga mulai miring, kami berharap pemerintah segera memperbaiki," kata Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Baringin, Jamal di Padang, Rabu.

Hal itu disampaikan saat reses Anggota DPRD Padang daerah pemilihan Lubuk Kilangan, Lubuk Begalung dan Bungus Teluk Kabung, Edmon.

Menurut dia jembatan tersebut merupakan sarana penghubung masyarakat dari dua daerah dan jika dibiarkan bisa fatal.

Sementara Edmon mengusulkan kepada Pemerintah Kota melalui Dinas Pekerjaaan Umum agar dibuat jembatan permanen dengan ukuran yang lebih besar sehingga dapat dilalui kendaraan roda empat.

"Sebelumnya sudah pernah dikerjakan, namun karena ada banjir besar konstruksi jembatan yang sedang dipasang hanyut diseret air sungai," kata dia.

Ia berharap pemerintah kota menganggarkan kembali pembangunan jembatan Baringin ini karena perannya vital bagi ekonomi setempat.

"Jika lewat jalur lain masyarakat harus memutar lebih jauh," ujarnya.

Ia mengatakan jembatan tersebut cukup vital keberadaannya karena menghubungkan Beringin dengan Bandar Buat dan ketika jembatan tersebut putus maka warga harus memutar sekitar dua kilometer melewati Simpang Patai untuk menuju ke Bandar Buat yang merupakan jalan utama Padang-Indarung.

Terkait dengan jembatan gantung yang ada saat ini, ia siap membantu perbaikan lewat dana pokok pikiran anggota DPRD Padang.

Selain itu pada kesempatan itu warga Baringin juga menyampaikan aspirasi perbaikan irigasi karena selama ini belum maksimal mengairi sawah.

Sebelumnya Pemerintah Kota Padang telah membangun jembatan Baringin pada 2018 namun saat pengerjaan kerangkanya hanyut dibawa luapan air Sungai Baringin.

Akibatnya pengerjaan jembatan dihentikan dan dibangun jembatan gantung oleh PT Semen Padang.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar