Bantuan presiden untuk korban banjir di Kalsel disalurkan lewat jalur udara

id Banjir kalsel, presiden jokowi, banjir

Bantuan presiden untuk korban banjir di Kalsel disalurkan lewat jalur udara

Bantuan paket sembako dari Presiden RI Joko Widodo untuk korban banjir di Kalsel didistribusikan menggunakan helikopter. (ANTARA/Firman)

Banjarbaru (ANTARA) - Bantuan sembako dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk korban banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) mulai hari ini disalurkan lewat jalur udara untuk daerah yang tak bisa dijangkau lewat darat maupun air.

"Saya hari ini bersama Forkopimda menumpangi helikopter membawakan langsung bantuan pak presiden ke daerah yang terisolasi akibat banjir," kata Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor di Banjarbaru, Selasa.

Selain menyalurkan bantuan, kata gubernur, pihaknya sekaligus melakukan patroli dan melihat langsung dari udara kondisi banjir saat ini.

"Jadi mana saja daerah yang nampaknya sulit dijangkau jalur darat dan air, semuanya kita distribusikan bantuan lewat helikopter," katanya.
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor bersama forkopimda dan Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan Basarnas Bambang Suryo Aji bersiap menaiki helikopter. (ANTARA/Firman)


Hingga saat ini, sejumlah wilayah masih terisolasi akibat banjir besar yang melanda Kalimantan Selatan dalam sepekan terakhir.

Adapun daerah paling terdampak, di antaranya Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Barito Kuala.

Dua unit helikopter masing-masing milik Basarnas dan BNPB mengangkut rombongan gubernur, termasuk Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan Badan SAR Nasional Bambang Suryo Aji dari Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin.

Danlanud Sjamsudin Noor Banjarmasin Kolonel Pnb M Taufiq Arasj mengatakan untuk tahap pertama ada 250 paket sembako dari presiden yang disalurkan.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar