Setelah tidak ada di 2020, Solok Selatan kembali peroleh tunjangan khusus guru daerah tertinggal

id berita solok selatan,berita sumbar,tunjangan

Setelah tidak ada di 2020, Solok Selatan kembali peroleh tunjangan khusus guru daerah tertinggal

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Solok Selatan, Novrizon. (antarasumbar/Istimewa)

Pada 2019 tunjangan khusus ini masih diperoleh oleh Solok Selatan tetapi 2020 tidak ada lagi dan sekarang kembali didapatkan untuk kawasan yang sudah ditentukan,
Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat kembali memperoleh tunjangan khusus guru yang mengajar di daerah tertinggal setelah pada 2020 tidak ada.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Solok Selatan, Novrizon di Padang Aro, Senin, mengatakan tunjangan khusus ini diberikan kepada guru yang mengajar di Nagari Lubuk Ulang Aling, Lubuk Ulang Aling Tengah dan Lubuk Ulang Aling Selatan.

"Pada 2019 tunjangan khusus ini masih diperoleh oleh Solok Selatan tetapi 2020 tidak ada lagi dan sekarang kembali didapatkan untuk kawasan yang sudah ditentukan," ujarnya.

Dia menjelaskan, tunjangan khusus bagi guru ini berdasarkan data dari Kementerian Desa terkait daerah sangat tertinggal.

Sekarang, katanya sudah keluar SK dari Kementerian Desa tentang daerah sangat tertinggal dan di Solok Selatan ada di kawasan Lubuk Ulang Aling.

Untuk kategori daerah tertinggal, sekarang tidak lagi skala kabupaten tetapi kategori kawasan sebab Solok Selatan telah terbebas dari status daerah tertinggal.

Ia mengungkapkan, pada Desember 2020 pemerintah setempat sudah menyikapi permasalahan tunjangan khusus ini ke kementerian dan ada beberapa data yang harus dilengkapi.

"Data yang kurang akan dilengkapi selambat-lambatnya Februari 2021," katanya.

Untuk saat ini pihaknya belum mengetahui apakah tenaga honorer mendapat tunjangan khusus ini atau tidak.

"Kami berharap guru honorer juga mendapatkan tunjangan ini seperti yang diberlakukan pada 2019," katanya.

Dia berharap, dengan dikembalikan tunjangan khusus ini guru di daerah sulit lebih semangat dalam mengajar sehingga SDM meningkat dengan cepat.

Untuk kawasan Lubuk Ulang Aling sendiri sampai saat ini aksesnya memang masih sulit dan harus melewati jalur air.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar