Darul Siska bantu korban banjir Lengayang Pesisir Selatan

id Bencana Banjir, lengayang, darul siska, bantuan

Darul Siska bantu korban banjir Lengayang Pesisir Selatan

Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Sumatera Barat Darul Siska saat menyalurkan bantuan untuk warga yang terdampak bencana banjir di Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu. (Antara/HO)

Saya minta Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan harus segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah propinsi dan kementerian terkait, agar pengelolaan sungai dari hulu sampai ke hilir bisa dilakukan secara baik dan terencana
Padang (ANTARA) - Anggota DPR RI Darul Siska mengunjungi korban bencana banjir di Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, sebagai wujud kepedulian menyerahkan bantuan sebanyak 400 paket terhadap warga yang terdampak.

Bencana banjir yang melanda empat nagari yang paling parah di Kecamatan Lengayang akibat luapan Sungai Batang Kambang seminggu yang lalu.

Keempat kenagarian itu meliputi Nagari Kambang, Nagari Kambang Utara , Nagari Kambang Timur dan Nagari Kambang Barat.

Dalam kunjungan pada akhir pekan, 16 Januari 2021, anggota Komisi IX DPR asal Sumbar itu, menyempatkan berbincang dengan warga, wali nagari, camat setempat terkait bencana tersebut.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya pada Jumat (8/1) dinihari telah terjadi banjir bandang di Kecamatan Lengayang yang mengakibatkan 2.470 unit rumah terendam, merusak tiga unit rumah dan satu jembatan roboh dan menggenangi ratusan hektar sawah dan kawasan pertanian milik masyarakat.

Dalam kunjungan Darul Siska didampingi oleh Zafri Dezon Anggota DPRD Sumbar asal Pesisir Selatan, Camat Lengayang Zoni Eldo, Danramil dan wakil Kapolsek.

Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI ini berkesempatan meninjau langsung kawasan pemukiman yang terendam banjir di Nagari Kambang, Nagari Kambang Utara, Nagari Kambang Timur dan Nagari Kambang Barat serta Sungai Batang Kambang yang rusak dan juga menjadi penyebab terjadinya banjir.

Pada kesempatan itu Darul menyampaikan keprihatinannya terhadap musibah yang dialami masyarakat di Kecamatan Lengayang.

Ia mengingatkan agar masyarakat selalu waspada dengan banjir susulan akibat curah hujan di daerah ini masih tinggi.

Ke depan, ia mendorong pemerintah daerah memberikan perhatian serius untuk melakukan rehabilitasi daerah aliran Sungai Batang Kambang karena banjir akibat meluapnya sungai ini sudah sering terjadi.

"Saya minta Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan harus segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah propinsi dan kementerian terkait, agar pengelolaan sungai dari hulu sampai ke hilir bisa dilakukan secara baik dan terencana, untuk melindungi masyarakat di daerah ini agar terhindar dari musibah banjir musiman akibat meluapnya Sungai Batang Kambang ini,"imbaunya.

Sementara itu Camat Lengayang Zoni Eldo yang didampingi Awaluddin, Walinagari Kambang Barat, Irmawardi Walinagari Kambang, Yenita Herda Walinagari Kambang Timur, dan Ulsabri Walinagari Kambang Utara menyampaikan terima kasih yang mendalam atas perhatian dan bantuan yang diberikan H. Darul Siska kepada masyarakat yang terdampak banjir di Kecamatan Lengayang.

"Kami atas nama pemerintahan terdepan dan masyarakat kecamatan Lengayang menyampaikan apresiasi dan penghargaan, sebagai wakil rakyat Sumatera Barat di DPR RI beliau datang memberi perhatian kepada masyakat dan dengan semangat yang tinggi beliau hadir menemui warga langsung membagikan bantuan secara simbolis di setiap nagari,"katanya.

Sedangkan bantuan 400 paket sembako ini membantu masyarakat dan pemerintahan kecamatan dalam penanganan dampak banjir, dan akan langsung didistribusikan oleh wali nagari kepada masyarakat di daerah masing-masing.

Pada kesempatan tersebut, lulusan STPDN ini melaporkan bahwa banjir akibat meluapnya Sungai Batang Kambang ini sudah sering terjadi dan selalu menimbulkan kerugian yang besar bagi masyarakat Kecamatan Lengayang.

Karena itu perlu dukungan semua pihak seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah dan juga masyarakat untuk rehabilitasi aliran sungai ini.

'Kami berharap bapak Darul Siska ikut membantu memediasi pemerintah daerah dengan pemerintah pusat agar keinginan kami dan warga untuk rehabilitasi sungai ini bisa terealisasi dalam waktu yang tidak terlalu lama,"harapnya.

Sementara Zafri Dezon, Anggota DPRD Sumatera Barat asal Pesisir Selatan menyampaikan rasa bangga terhadap kepedulian yang ditunjukkan Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI ini kepada masyarakat yang sedang menghadapi terhadap bencana.

Ketika mengetahui ada banjir yang terjadi di Lengayang beliau langsung merespos dan meminta kami berkoordinasi dengan pemerintahan setempat tentang apa yang dibutuhkan oleh masyarakat yang tertimpa bencana dan Insyaallah hari ini (16/1) beliau hadir mengunjungi korban sekaligus menyerahkan bantuan bagi masyarakat Lengayang, sebutnya.