Pensiunan bank di Padang Panjang bentuk koperasi HBB berantas jeratan rentenir

id Koperasi HBB, pensiunan bank, padang panjang, berantas rentenir

Pensiunan bank di Padang Panjang bentuk koperasi HBB berantas jeratan rentenir

Pensiuan bank bentuk koperasi HBB di Padang Panjang (Antara/HO)

Padang Panjang (ANTARA) - Digawangi 29 orang yang 80 persen di antaranya adalah pensiunan Bank Nagari, mendirikan Koperasi Hidup Berkah Bermakna (HBB) yang bertujuan untuk membantu masyarakat dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mendapatkan modal dan lepas dari jeratan rentenir.

Turut terlibat dalam pembentukan koperasi ini, mantan wali kota, dr. H. Suir Syam, M.Kes, MMR sebagai anggota luar biasa. Serta Walikota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano selaku pribadi sebagai pendiri dan penanam modal di koperasi ini.

Inspirasi berdirinya koperasi ini, jelas Ketua Koperasi, Mardiah Muluk kepada Kominfo, Rabu (13/1), juga berasal dari founder Wardah, Nurhayati Subakat yang ingin berkontribusi membangun negeri. Bahkan nama koperasi ini, berasal daru buku biografinya yang berjudul "Hidup Bermakna". Nurhayati didapuk sebagai penasehat koperasi HBB.

Berdiri sejak 13 Oktober 2020 lalu, koperasi ini akan segera dilaunching dalam waktu dekat. Sebagai persiapan, kemarin (12/1), pengurus koperasi bersilaturahmi ke ruang kerja Fadly untuk melaporkan persiapan itu.

"Sebagai koperasi berbasis syariah, koperasi ini sudah memiliki anggaran dasar, surat persetujuan dari Kementerian Hukum dan HAM, surat izin lokasi dan izin usaha dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Kita akan segera launching pada 22 Januari mendatang," jelas Mardiah.

Arahan Wako Fadly, jelas Mardiah, supaya koperasi ini bekerja dan berfungsi dengan baik. Bisa memberikan pembinaan yang tepat kepada pelaku UMKM dan mengurangi praktek rentenir yang menimbulkan rasa tidak nyaman bagi pelaku UMKM.

"Dengan dilakukannya launching pada 22 Januari mendatang, Pemkot berharap sesuai dengan nama koperasinya, bisa memberi keberkahan dan bermakna bagi semua, khususnya masyarakat Padang Panjang," sebutnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Sekretaris Koperasi, Murefli, Bendahara, Murad, Pengawas, Dedi Cardy, dan Kepala Dinas Kominfo Ampera Salim, SH, M.Si.