Padang tanam 1.800 bibit pohon buah percantik taman kota

id taman kota padang,tanam bunga,mahyeldi

Padang tanam 1.800 bibit pohon buah percantik taman kota

Wali Kota Padang Mahyeldi melakukan penanaman bibit pohon buah di Padang, Rabu (13/1). (Antara/HO)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat melalui Dinas Lingkungan Hidup setempat menanam 1.800 bibit tanaman buah di sejumlah titik taman kota di daerah itu.

"Ini merupakan terobosan Dinas Lingkungan Hidup yang bagus. Selama ini di kota-kota besar taman selalu identik dengan tanaman bunga yang berwarna warni namun kali ini dipadukan dengan tanaman buah," kata Wali Kota Padang Mahyeldi di Padang, Rabu saat melakukan penanaman secara simbolis.

Ia berharap terobosan ini akan mempercantik taman-taman kota yang ada di Padang. Sehingga menambah keindahan Kota Padang.

Lebih lanjut ia mengatakan konsep taman kota dengan menggabungkan antara taman bunga dengan tanaman buah memiliki dua fungsi, secara ekologis dan ekonomis.

"Secara ekologis dapat menurunkan suhu, kawasan taman kota menjadi teduh dan tanaman buah tersebut bisa menjadi resapan air, sedangkan secara ekonomis buahnya memiliki nilai jual," ujarnya.

Ia berpesan bibit tanaman buah yang telah ditanam ini perawatannya tidak hanya menjadi tanggung jawab DLH, tetapi semua lapisan masyarakat.

"Kita harapkan juga masyarakat dapat menjaganya, sehingga masyarakat dapat menikmati hasilnya secara bersama-sama," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Mairizon menyebutkan jumlah pohon yang ditanam sebanyak 1.800 batang, yang merupakan bantuan dari Balai Pembibitan Kuantan Solok dan Bukititinggi, terdiri dari atas jambu bol, mangga, alpukat, jambu air, rambutan, jengkol, petai, matoa dan kelapa Thailand.

Lokasi penanaman di 19 titik tanaman kota diantaranya, Ruang Terbuka Hijau Imam Bonjol, Taman Nanggalo, Taman Siti Nurbaya, Taman Ganting, Taman Tan Malaka, Taman Masjid Raya, Taman Juanda, Taman Digital, Taman Diponegoro dan Taman Sisingamangaraja.

Ia menambahkan selain penanaman bibit pohon, pada kesempatan ini juga serahkan bantuan Sembako berupa beras kepada 130 orang petugas Kebersihan Kecamatan Kelurahan (PK3) yang bersumber dari donatur.

"Bantuan ini kita tujukan kepada PK3 yang memiliki tanggung jawab lebih dalam keluarga," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar