Tampil beda, DLH Padang akan tanam bibit buah di taman kota

id DLH, Padang, Sumbar

Tampil beda, DLH Padang akan tanam bibit buah di taman kota

RTH Iman Bonjol akan menjadi salah satu lokasi penanaman bibit buah sebanyak 300 bibit. (Antara/Mutiara)

Padang, (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang akan menanam tanaman bibit buah untuk mempercantik taman kota di daerah itu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Meirizon di Padang, Minggu mengatakan akan mengubah konsep taman kota dengan menggabungkan antara taman bunga dan taman buah yang nantinya juga bisa menimbulkan nilai ekonomis bagi masyarakat.

"Selama ini umumnya di kota-kota besar taman itu identik dengan taman bunga dan hanya sedikit yang membuat taman buah," kata dia.

Ia mengatakan program ink akan dilakukan di awal tahun dengan jumlah bibit 1.800 batang di sejumlah titik di kota itu.

"Tanaman bunga secara estika menguntungkan bagi kota tetapi secara materi tidak ada, dengan tanaman buah selain menghasilkan oksigen serta nanti kalau sudah berbuah masyarakat boleh mengambilnya," katanya

Program tersebut dapat menghasilkan dua fungsi yakni secara ekologis bisa diuntungkan dan bisa menimbulkan nilai ekonomis bagi masyarakat.

Jenis bibit buah yang akan ditanam di taman-taman yang ada di Kota padang terdiri dari buah jambu bol, buah mangga, buah alpukat, buah jambu air, buah rambutan, tanaman jengkol, dan tanaman petai.

Bibit buah tersebut berasal dari Balai Pembibitan Agam Kuantan Solok dan Bukittinggi dan sudah dijemput oleh DLH pada Rabu (6/1) dan siap untuk ditanam.

Penanaman bibit buah direncanakan dimulai pada Rabu, 13 Januari 2021 dan kegiatannya akan dibuka oleh Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah di Pusat Perkantoran Aie Pacah Padang.

Bibit buah yang sudah ditanam, perawatannya akan dilakukan oleh DLH Padang namun ia juga menghimbau supaya masyarakat juga ikut menjaga tanaman tersebut.

"Saya berharap masyarakat bisa menjaga dan tidak merusak sebab nanti manfaatnya akan dirasakan juga oleh masyarakat sebab masyarakat bisa mengambil ketika bibit itu berbuah," harapnya.

Lokasi penanaman bibit buah ada di 19 titik yaitu di RTH Imam Bonjol sebanyak 300 bibit, Taman Nanggalo sebanyak 75 bibit, di sekitar Masjid Al-Hakim di tepi Pantai Padang sebanyak 150 bibit, Taman Siti Nurbaya sebanyak 100 bibit, Taman Ganting sebanyak 50 bibit, Taman Tan Malaka sebanyak 75 bibit, Taman Masjid Raya sebanyak 100 bibit.

Kemudian, Tugu Padang Area sebanyak sebanyak 30 bibit, Taman Batang Arau sebanyak 100 bibit, Taman Rimbo Kaluang sebanyak 150 bibit, Taman Dr. Sutomo sebanyak 50 bibit, Taman Juanda sebanyak 10 bibit, taman di depan Hotel Muara sebanyak sebanyak 20 bibit, Taman Gunung Padang sebanyak 200 bibit,

Selanjutnya di Taman Digital sebanyak 175 bibit, Hutan Kota di Jalan Sutan Syahrir sebanyak 150 bibit, Taman Jati Gaung sebanyak 20 bibit, Taman Diponegoro sebanyak 20 bibit, dan Taman Sisingamangaraja sebanyak 25 bibit.