Ini akan dilakukan Kantor Pos Padang untuk bangkitkan UKM yang terpuruk karena pandemi

id berita padang,berita sumbar,pos

Ini akan dilakukan Kantor Pos Padang untuk bangkitkan UKM yang terpuruk karena pandemi

Masyarakat tengah melakukan transaksi di Kantor Pos Padang, Kamis (7/1). (antarasumbar/Istimewa)

Para UKM akan diberi penjelasan oleh Kanwil Bea Cukai tentang barang-barang apa saja yang bisa di ekspor serta bagaimana persyaratan mengirim barang ke luar negeri,
Padang (ANTARA) - Kantor Pos Padang menyiapkan program untuk bantu kembali memulihkan perekonomian para UKM (Usaha Kecil Menengah) yang sempat terpuruk karena dilanda pandemi COVID-19 dengan menggandeng dinas dan para stakeholder terkait pembinaan UKM.

"Sesuai dengan pogram pemerintah yaitu pemberdayaan UKM jadi Kantor Pos akan bekerjasama dengan Pemda baik ke Dinas Koperasi dan UKM maupun stakeholder yang terkait untuk meningkatkan kinerja UKM di Sumbar," kata Kepala Kantor Pos Padang, Sartono di Padang, Kamis.

Ia mengatakan Kantor Pos akan bahu membahu bersama dinas, Pemda ataupun Pemprov serta bersinergi dengan Kanwil Bea Cukai untuk pembinaan UKM yang melakukan ekspor ke luar negeri.

" Para UKM akan diberi penjelasan oleh Kanwil Bea Cukai tentang barang-barang apa saja yang bisa di ekspor serta bagaimana persyaratan mengirim barang ke luar negeri," kata dia.

Dalam melakukan pembinaan terhadap UKM, pihak Pos akan membuat sebuah workshop yang dihadiri oleh para UKM dan dinas terkait namun dengan jumlah peserta yang dibatasi sehingga bisa tetap menjaga protokol kesehatan.

Kemudian, demi memperlancar usaha para UKM dalam mendistribusikan usahanya, Kantor Pos yang bergerak dibidang jasa kurir siap mendukung pengiriman barang dari para UKM baik dalam negeri maupun luar negeri.

"Pos akan dukung para UKM dalam segi pengiriman karena kami memiliki layanan pengiriman COD jadi UKM yang menjual barangnya tidak perlu khawatir uangnya tidak tertagih karena pihak Pos akan menagih uang tersebut dan mengirimkan langsung ke penjual melalui PGM," katanya.

PGM merupakan singkatan dari Pos Giro Mobile yang memberi kemudahan dan fasilitas layanan keuangan secara mobile yang bisa melayani berbagai transaksi seperti pembayaran tagihan, pengiriman uang, pengelolaan keuangan layanan Giropos seperti menyimpan, atau transfer antar rekening giropos.

"Para UKM kita sarankan agar mereka memiliki rekening PGM untuk memudahkan transaksi keuangan karena bila sudah memakai PGM maka untuk proses transfer tidak ada biaya tambahan lagi sebab sesama PGM tidak ada biaya pengiriman uang," ucapnya.

Selain layanan COD, pihaknya juga akan menjadikan Kantor Pos sebagai tempat berkumpul para UKM untuk saling bertukar pikiran dan mendapatkan inspirasi baru yang berguna untuk membangkitkan UKM kembali.

"Kami akan menggaet investor dalam menyediakan tempat yang nyaman bagi UKM di Pos. Kami akan membuat semacam corner food untuk tempat para UKM berkumpul berbagi ide sekaligus mereka bisa bertransaksi di Pos baik di layanan jasa keuangan dengan PGM atau mengirim barang UKMnya serta melakukan pembayaran berbagai tagihan," kata Sartono

Ia menambahkan selama 2020 kinerja di Kantor Pos Padang mengalami penurunan sebesar 30 persen akibat dilanda pandemi COVID-19 namun ia bersyukur karena penurunan tersebut tidak terlalu anjlok sebab Kantor Pos diberi kepercayaan untuk menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST).

"Kemudian kami juga terbantu dengan adanya penyaluran logistik baik itu sensus penduduk maupun Pilkada," tambahnya.

Ia berharap pandemi segera berakhir dan masyarakat bisa kembali menjalankan aktivitas sehingga ekonomi kembali pulih juga kembali datang ke pos untuk bertransaksi.