Tidak ditemui kerumunan, Wagub nilai masyarakat telah patuhi aturan

id Polda Sumbar, Sumbar, Padang

Tidak ditemui kerumunan, Wagub nilai masyarakat telah patuhi aturan

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit bersama Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto dan Forkopimda mengunjungi pos pengamanan beberapa jam sebelum pergantian tahun 2021 di Kota Padang, Kamis (31/12) (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menilai masyarakat telah mematuhi aturan tidak menciptakan kerumunan di objek wisata saat perayaan Tahun Baru 2021 di daerah itu.

"Kita sudah memantau empat titik lokasi wisata di Kota Padang malam ini bersama Forkopimda dan memang tidak ada keramaian," kata dia saat melakukan peninjauan di Padang, Kamis.

Menurut dia empat titik yang didatangi adalah pos pengamanan di dekat Masjid Agung Nurul Iman, posko pengamanan di Gereja Katedral, posko pengamanan Gedung Budaya dan posko pengamanan Danau Cimpago.

"Kita lihat tadi memang tidak ada kerumunan. Kita apresiasi petugas yang telah bekerja mengamankan lokasi," kata dia.

Ia meminta masyarakat dapat memahami kondisi saat ini dan mengikuti aturan untuk tidak berkerumun.

Terutama pedagang yang ada di lokasi wisata agar dapat menerima dan bersabar agar pandemi ini segera berakhir.

"Kita minta masyarakat patuhi semua hingga 3 Januari 2021 nanti dan setelah itu silahkan kembali berdagang," kata dia.

Sementara Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan pihaknya telah menurunkan 6.300 an personel baik di Polda maupun Polres sejajaran untuk melakukan pengamanan.

"Tidak saja di ibukota kabupaten atau kota tapi di seluruh tempat wisata yang kerap dikunjungi masyarakat," kata dia.

Ia mengatakan sejauh ini laporan dari lapangan yang diterima di posko utama Polda Sumbar semua berjalan lancar dan tidak ada kendala.

Untuk Kota Padang sendiri ada 17 titik yang dijaga petugas dan setiap masyarakat yang datang diminta untuk berputar arah.

"Selain objek wisata, tempat hiburan malam juga tidak boleh buka. Kita ingin agar semua masyarakat dapat mematuhi aturan ini dan berdoa agar pandemi ini segera berakhir," kata dia.