Blunder saat lawan Stoke, Mourinho ke Dele Alli: bikin masalah bagi tim

id Jose Mourinho,Dele Alli,Tottenham Hotspur,Spurs,Stoke City

Blunder saat lawan Stoke, Mourinho ke Dele Alli: bikin masalah bagi tim

Ekpresi kesal gelandang Spurs Dele Alli saat ditarik keluar lapangan dalam pertandingan perempat final Piala Carabao melawan Stoke City di bet365 Stadium, Stoke-on-Trent, Inggris pada 24 Desember 2020.(REUTERS/DAVID KLEIN)

Jakarta (ANTARA) - Jose Mourinho dibuat kesal oleh Dele Alli dan menyebut gelandang Inggris tersebut "membuat masalah bagi timnya sendiri," meski Tottenham menang 3-1 atas Stoke City di perempat final Piala Carabao.

Alli kembali menjadi starter untuk pertama kalinya sejak 26 November dalam pertandingan tersebut, tetapi ia melakukan kesalahan yang berujung gol bagi Stoke.

Mourinho sendiri tidak segan mengkritik performa gelandang Inggris tersebut usai pertandingan.

"Seorang pemain dalam posisi itu adalah pemain yang harus terhubung dan berkreasi dan tidak menimbulkan masalah bagi timnya sendiri," kata Mourinho yang dikutip BBC, Kamis.

Pemain berusia 24 tahun tersebut telah dikaitkan dengan kepindahan ke Paris Saint-Germain (PSG) sebagai pemain pada bursa transfer Januari 2021.

Alli musim ini hanya bermain lima kali sebagai starter dan dua kali digantikan pada babak pertama melawan Everton dan di Liga Europa kontra Royal Antwerp.

Spurs memimpin 1-0 melalui sundulan Gareth Bale ketika Stoke menyamakan kedudukan melalui gol Jordan Thompson dengan memanfaatkan kesalahan Alli sebelum gol dari Ben Davies dan Harry Kane mengamankan tiket Spurs ke semi final. Alli diganti segera setelah Stoke menyamakan kedudukan.

"Dalam situasi itu, serangan balik yang obyektif mungkin akan berakhir dengan sebuah gol, dan itu diakhiri dengan serangan balik di belakang bek kami," kata Mourinho tentang gol penyama kedudukan Stoke.

"Kami solid di babak pertama. Mereka tidak bisa menyentuh bola, melakukan tembakan, mendapatkan sepak pojok. Bukannya membunuh permainan, kami membunuh diri sendiri. Setelah momen itu, kami butuh stabilitas dan sikap," pungkasnya.

"Kami tidak seimbang karena ketika Anda menguasai bola, Anda memiliki bek sayap yang melebar dan gelandang lain di lini yang berbeda dan mereka menyakiti kami dalam serangan balik dan mereka mengubah hasil permainan yang sepenuhnya ada di tangan kami, jadi saya kesal."

Marahnya pelatih asal Portugal tersebut akan semakin membuat peluang Dele Alli untuk tampil sejak menit awal di Liga Premier Inggris semakin mengecil. Spurs akan berhadapan dengan Wolverhampton di Molineux Stadium, Senin (28/12).

Mourinho juga mengungkapkan bahwa Gareth Bale mengalami cedera betis dan membuat pemain pinjaman Real Madrid tersebut tidak tampil di babak kedua.