Hitung cepat Voxpol Center terbukti akurat prediksi hasil Pilgub Sumbar 2020

id Voxpol Center,pilgub sumbar,pilkada serentak,hitung cepat

Hitung cepat Voxpol Center terbukti akurat prediksi hasil Pilgub Sumbar 2020

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Sarwi. (ANTARA/ISTIMEWA)

Padang (ANTARA) - Usai rampungnya proses penghitungan suara Pemilihan Gubernur Sumatera Barat 2020 oleh KPU setempat menunjukan hasil hitung cepat yang dilakukan Voxpol Center pada hari pencoblosan paling akurat dan mendekati hasil rill.

"Hitung cepat adalah sebuah metode ilmiah yang sudah teruji. Hasil quick count kami Voxpol Center terbukti paling akurat dalam memprediksi pilkada serentak tahun 2020," kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Sarwi di Padang, Senin melalui siaran pers yang diterima Antara.

Menurutnya hasil Quick Count Voxpol Center pada pilgub Sumbar pasangan Mulyadi-Ali Mukhni memproleh sebesar 27,3 persen sementara hasil real count KPU Sumatera Barat dengan presentase 27,4 persen.

Selanjutnya pasangan Nasrul Abit-Indra Catri sebesar 29,8 persen, yang diusung partai Gerindra, sementara hasil final real count KPUD dengan presentasi 30,3 persen.

Kemudian pasangan calon gubernur sumbar Fakhrizal-Genius sebesar 10,3 persen, sementara hasil real count KPUD Sumbar dengan angka presentase 10,0 persen.

Terakhir hasil pasangan cagub Mahyeldi-Audy Joinaldy sebesar 32,6 persen, terbukti mendekati angka real count KPUD Sumbar dengan perolehan presentase sebesar 32,4 persen.

Ia menjelaskan kerangka sampel hitung cepat adalah seluruh TPS DPT pilkada 2020, dengan margin of error maksimal 1 persen.

Metode sampling stage 1 systematic random sampling memilih cluster (TPS). Alokasi jumlah sampel TPS proporsional dengan populasi, sistematik berdasarkan letak geografis.

Pada stage 2 semua pemilih yang melakukan pencoblosan di hari H di TPS terpilih dihitung total hasil perhitungan suara.

Selain itu hasil hitung cepat Voxpol Center terbukti data masuk paling cepat 100 persen, proses mendata hasil penghitungan dari sebagian TPS yang dipilih secara acak menyebar di semua wilayah pilkada dengan mengunakan metode phone,android-aplikasi web.

"Ini karena proses penyelenggaraan hitung cepat berbasis IT, pengiriman data Voxpol dilakukan secara online dengan mengunakan aplikasi android TallyVoters-Black, aplikasi bisa di download di google play store," ujarnya.

Ia memaparkan faktor utama keberhasilan hitung cepat Voxpol Center adalah manajemen lapangan, sistem IT yang mumpuni dan monitoring pengiriman data, hasil monitoring akan dikomunikasikan dengan petugas call center untuk menghunting petugas petugas yang terlambat mengirimkan data.

Sebelumnya pasangan nomor urut 4 Mahyeldi Ansharullah- Audy Joinaldy meraih suara terbanyak di Pilgub Sumbar berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi hasil Pilgub Sumbar yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat dengan 32,43 persen.

Hasil tersebut membawa pasangan yang diusung PKS dan PPP mengungguli pasangan nomor urut 2 yakni Nasrul Abit-Indra Catri dengan 30,3 persen diikuti pasangan nomor urut 1 Mulyadi-Ali Mukhni dengan total suara 27,42 persen.

Sementara itu pasangan nomor urut 3 Fakhrizal-Genius Umar hanya meraih 9,86 persen suara.

KPU Sumbar menggelar rapat pleno rekapitulasi Pilgub Sumbar pada 19-20 Desember 2020.

KPU Sumbar mencatat total pemilih sebanyak 2.313 278 pemilih atau sekitar 61,68 persen dari total pemilih di daerah itu.

Total jumlah suara sah 2.241.292 sebanyak 96,89 persen dan jumlah suara tidak sah 71.986 atau sekitar 3,11 persen. (*)