Unand bina KPGH Agam kembangkan Destinasi Wisata Buya Hamka

id Unand, Agam, Sumbar, Padang

Unand bina KPGH Agam kembangkan Destinasi Wisata Buya Hamka

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Skim Program Kemitraan Masyarakat Membantu Usaha Berkembang -LPPM Unand Padang sedang berdiskusi dengan anggota KPGH Tanjungraya. (Istimewa)

Lubukbasung, (ANTARA) - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas Padang, bakal melakukan pembinaan bagi pengurus Komunitas Pemuda Generasi Hamka (KPGH) Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat dalam mengembangkan destinasi wisata religi Buya Hamka di daerah itu.

Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Skim Program Kemitraan Masyarakat Membantu Usaha Berkembang -LPPM Unand Padang, Prof Yulnafatmawita di Lubukbasung, Minggu, mengatakan program yang akan dilaksanakan untuk membantu mitra KPGH dalam menumbuh kembang usaha pemandu wisata di Destinasi Wisata Religi Buya Hamka.

"Pembinaan itu bakal kita lakukan dalam waktu dekat, sehingga destinasi wisata itu berkembang dengan baik," katanya saat melakukan surve pertama dengan tim ke Museum Buya Hamka di Nagari Sungai, Kecamatan Tanjung Raya.

Ia menambahkan, permasalahannya saat ini adalah mitra merasakan kurangnya pembinaan dan pemberdayaan dari pemerintah dalam menjalankan usaha pemandu wisata.

Pengembangan industri kuliner atau souvenir khas Danau Maninjau sangat minim. Sangat disayangkan sekali kalau selama ini wisatawan hanya berkunjung ke Museum Buya Hamka yang juga sangat minim isinya.

Kemudian wisatawan kembali tanpa mencicipi kuliner dan juga souvenir khas di kampung kelahiran Buya Hamka.

Solusi yang direncanakan dilakukan melalui beberapa tahap diantaranya melengkapi dan memperkuat keorganisasian dari KPGH berupa pelatihan pemandu wisata religius, pembuatan website wisata Buya Hamka, peningkatan volume karya Buya Hamka, pengembangan kuliner halal dan penyediaan souvenir khas Buya Hamka.

"Pembimbingan dan pendampingan yang kita lakukan ke KPGH sebagai pemberi jasa dan mengembangkan industri kuliner dan souvenir dengan danpak untuk pengembangan destinasi wisata Buya Hamka dan peningkatan pendapatan masyarakat," katanya.

Camat Tanjungraya, Handria Asmi menyambut baik atas kehadiran dan kemitraan tersebut.

"Kami sangat senang dengan niat baik Universitas Andalah, untuk membantu KPGH Tanjungraya dalam pendampingan dan pembinaan," katanya.

Pendampingan yang dilakukan itu akan berdampak positif terhadap pengembangan destinasi wisata itu.

"Saya berharap melalui dukungan LPPM Unand akan mendorong percepatan peningkatan sumber daya manusia dan kesejahteran masyarakat nantinya," katanya. (*)