Dilantik jadi anggota MPR-RI, Rezka kenakan baju khas Minangkabau

id minangkabau,Rezka Oktoberia,paw,mpr ri

Dilantik jadi anggota MPR-RI, Rezka kenakan baju khas Minangkabau

Anggota DPR-RI dan MPR-RI Rezka Oktoberia. (Antara/HO)

Saya diminta terus memegang adat budaya sebagai perempuan Minangkabau
Payakumbuh  (ANTARA) - Rezka Oktoberia, dengan mengenakan baju khas Minangkabau berwarna biru, dilantik sebagai anggota Majelis Perwakilan Rakyat (MPR) pergantian antar waktu (PAW) periode 2019-2024.

"Amanah ini pasti sekuat tenaga akan saya tunaikan dengan mengusung semangat baru dan menyuarakan setiap aspirasi masyarakat Sumbar, Alhamdulillah pelantikan berjalan lancar dan langsung dipimpin oleh Ketua MPR, Bapak Bambang Soesatyo," katanya saat dihubungi via telepon, Jumat).

Putri asal Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota) mengatakan bahwa ia akan ikut andil dalam rangka sosialisasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat soal program vaksinasi yang akan segera dilakukan di Indonesia.

"Sesuai pesan Pak Bamsoet, kami semua diminta untuk mengedukasi dan mensosialisasikan program vaksinasi yang akan segera diberikan kepada masyarakat," ujarnya.

Selain itu, ia mendapatkan pesan yang sangat luar biasa dari mantan Menteri Perindustrian dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabinet Indonesia Bersatu Fahmi Idris dan juga banyak lagi tokoh dan masyarakat dari Luak Limopuluh.

"Bapak Fahmi Idris yang merupakan tokoh Minang, menitipkan pesan agar saya mendapatkan dukungan penuh dari seluruh pihak di ranah Minang dan saya diminta terus memegang adat budaya sebagai perempuan Minangkabau," ujarnya.

Ia mengatakan ke depannya akan terus berupaya untuk menjalin kerja sama dan kolaborasi dengan Pemerintah kabupaten/kota yang berada di Dapil Sumbar II maupun Pemprov Sumbar.

"Demi kemajuan Sumbar, mari semuanya bersatu, mari bersama-sama memberikan dukungan untuk pemerintahan di kabupaten/kota dan provinsi. Saya juga minta dukungan penuh dari seluruh pihak di ranah minang," katanya.

Terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang baru usai terselenggara pada 9 Desember 2020 lalu, ia berharap agar semuanya dapat saling berkontribusi bagi masyarakat Sumbar.

"Pilkada telah usai, perbedaan pilihan sudah tidak ada lagi, mari kita bergandengan tangan untuk membangun daerah," katanya.

Rezka Oktoberia diambil sumpah jabatannya sebagai anggota MPR RI di Gedung Nusantara 5 pada Kamis (17/12). Sedangkan sebagai anggota DPR RI, Rezka sudah dilantik pada Senin (7/12) menggantikan Mulyadi yang maju pada Pilkada serentak 2020 sebagai calon Gubernur Sumbar.

Pelantikan Rezka sebagai anggota MPR-RI mencatatkan sejarah baru bagi Luak Limopuluah karena menjadi perempuan pertama yang mewakili daerah pemilihan Sumbar II meliputi Payakumbuh, Limapuluh Kota, Agam, Bukittinggi, Pariaman, Padangpariaman, Pasaman, dan Pasaman Barat. (*)