Bagian Humas Solok Selatan gelar pelatihan jurnalistik bagi pewarta

id pelatihan jurnalistik,humas dan protokol solsel,bukittinggi

Bagian Humas Solok Selatan gelar pelatihan jurnalistik bagi pewarta

Kepala Bagian Humas Firdaus Firman berfoto bersama dengan narasumber dan wartawan Solok Selatan dalam acara pelatihan jurnalistik di Bukittinggi, Selasa (15/12). (ANTARA/HO-Humas Solok Selatan)

Padang Aro (ANTARA) - Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, menggelar kegiatan pelatihan jurnalistik kepada pewarta yang melakukan peliputan di daerah tersebut.

Pelatihan digelar selama tiga hari, 14 hingga 16 Desember, yang bertempat di Bukittinggi.

Ketua pelaksana kegiatan, Rita Anggraini di Bukittinggi, Selasa (15/12), mengatakan kegiatan pelatihan Jurnalistik yang merupakan menjadi agenda tahunan ini dananya bersumber dari APBD Solok Selatan.

Sementara Kabag Humas Setdakab Solok Selatan, Firdaus Firman yang langsung membuka kegiatan pelatihan tersebut mengatakan tujuan dari kegiatan pelatihan jurnalistik adalah untuk memberikan motivasi kepada pewarta agar makin rajin dan kreatif dalam menulis.

Wartawan yang profesional adalah wartawan yang mau menulis, sekalipun apa yang ditulisnya masih terdapat kesalahan-kesalahan, semisal pembuatan kalimat yang belum memenuhi kaedah ejaan yang disempurnakan, namun itu adalah hal yang biasa.

Kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut memberikan wejangan tiga materi, pertama tentang menulis yang efektif dan menulis feature oleh Rifa Yanas dari tagar.id, lalu Peran Pers dalam Mendorong Keterbukaan Informasi Publik oleh Tanti Endang Lestari, dan terakhir tentang fotografi oleh Erison J Kambari.

Ketua PWI Solok Selatan, Hendrivon mengapresiasi Bagian Humas Setdakab Solok Selatan yang telah ikut berperan banyak dalam meningkatkan ilmu jurnalistik si pewarta yang melakukan kegiatan peliputan di Kabupaten Solok Selatan.

Dia berharap kepada 28 wartawan yang ikut serta dalam pelatihan tersebut agar bisa menjadi wartawan yang profesional seperti yang dikatakan Kabag Humas Firdaus Firman. (ril)