Sempat tertimbun material longsor, jalan Malalak Agam sudah bisa dilalui kendaraan

id berita agam,berita sumbar,longsor

Sempat tertimbun material longsor, jalan Malalak Agam sudah bisa dilalui kendaraan

Kondisi jalan penghubung Kota Padang-Bukittinggi di Bukik Apiak, Jorong Limo Badak, Nagari Malalak Utara, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam. (antarasumbar/Istimewa)

Alat berat masih berada di lokasi dalam membersihkan material,
Lubukbasung (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) menyatakan ruas jalan provinsi yang menghubungkan Kota Padang menuju Bukittnggi, tempatnya di Bukik Apiak, Jorong Limo Badak, Nagari Malalak Utara, Kecamatan Malalak sudah bisa dilalui kendaraan.

"Jalan bisa dilalui kendaraan dengan sistim buka tutup, karena material masih menumpuk di pingir jalan," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, Syafrizal di Lubukbasung, Selasa.

Ia mengatakan, pembersihan material itu menggunakan dua alat berat jenis ekskavator dan loader milik Dinas Pekerja Umun dan Penataan Ruang Sumbar.

Saat ini, tambahnya kedua alat berat masih berada di lokasi longsor, karena tumpukan longsor kembali turun apabila curah hujan tinggi.

"Alat berat masih berada di lokasi dalam membersihkan material," katanya.

Sebelumnya, material tanah longsor bebatuan menimbun badan jalan itu akibat curah hujan tinggi melanda daerah itu, Kamis (10/12).

Tanah longsor juga melanda daerah itu pada November 2020 dan beberapa bulan yang lalu.

"Lokasi itu rawan longsor apabila curah hujan tinggi melanda daerah itu akibat tanah masih labil," katanya.

Dengan kondisi itu, Syafrizal mengimbau pengendara untuk meningkatkan kewaspadaan saat melewati daerah itu dengan cara mencari lokasi aman dan tidak melanjutkan perjalanan saat hujan.

"Segera berhenti di lokasi aman saat hujan melanda daerah itu," katanya. ***3***