Sociedad melenggang ke babak 32 besar saat AZ terpeleset di markas Rijeka

id Napoli,Real Sociedad,Az alkmaar,Rijeka,liga europa

Sociedad melenggang ke babak 32 besar saat AZ terpeleset di markas Rijeka

Para pemain Real Sociedad merayakan kelolosannya ke babak 32 besar Liga Europa saat bermain imbang melawan Napoli 1-1 di Stadion Diego Armando Maradona, Kamis (10/12/2020). (ANTARA/REUTERS/CIRO DE LUCA)

Jakarta, (ANTARA) - Hasil imbang pertandingan Liga Europa antara Napoli melawan Sociedad 1-1 di Stadion Diego Armando Maradona, Italia, cukup untuk tim asal Spanyol itu melenggang ke babak 32 besar.

Di saat yang bersamaan AZ Alkmaar yang juga memiliki peluang lolos malah terpeleset di markas Rijeka, Rabu waktu setempat (Jumat WIB).

Dengan hasil itu, Napoli dan Sociedad mewakili Grup F di babak 32 besar dengan poin masing-masing 11 poin dan sembilan poin dalam tangga klasemen akhir babak grup, demikian catatan resmi UEFA.

Sementara AZ yang di atas kertas mampu menang mudah atas tim kurang pengalaman di pentas Eropa, Rijeka, justru harus menyerah 1-2 di tangan klub asal Kroasia itu. AZ berada di posisi tiga dengan delapan poin, adapun Rijeka di dasar klasemen setelah hanya mengoleksi empat poin.

Napoli yang ingin mengunci posisi pertama di Grup F tampil dengan kekuatan penuh. Meski begitu mereka tak terlalu bernafsu untuk mengurung pertahanan Sociedad dan lebih banyak memainkan bola di area tengah.

Sementara Sociedad yang ingin meraih poin penuh tampil menyerang dengan menempatkan tiga pemain depan langsung sejak sepak mula. Sepanjang laga mereka melepaskan 16 percobaan namun hanya empat yang mengarah ke gawang.

Kala waktu baru memasuki menit empat, Sociedad sedikitnya melancarkan tiga serangan berbahaya melalui Adnan Januzaj, Mikel Merino, serta Ander Guevara. Namun ketiganya masih belum menemui sasaran.

Sementara Napoli baru mendapatkan peluang berbahaya saat laga akan memasuki setengah jam babak pertama namun sepakan Tiemoue Bakayoko masih menyamping tipis di sisi kanan gawang Sociedad.

Tak lama setelah itu, Napoli mencuri keunggulan lewat sepakan Piotr Zielinski. Berawal dari situasi tendangan sudut, bola muntah disambar Zielinski untuk menjadi gol.

Saat laga dirasa akan berakhir 1-0 untuk kemenangan Napoli, penyerang Sociedad Willian Jose memaksa kedudukan imbang 1-1 pada menit ke-90+2. Gol larutnya memastikan Sociedad ke babak 32 besar.

Sementara dalam pertandingan lain yang mempertemukan Rijeka dengan AZ berakhir 2-1 untuk kemenangan tim asal Kroasia itu.

AZ membuang peluang untuk melenggang ke-32 besar, padahal pasukan Pascal Jansen itu diprediksi mampu membawa pulang tiga poin. Nasib berkata lain, dan AZ gugur di fase grup.

AZ sempat memaksa kedudukan 1-1 pada menit ke-57 lewat gol Owen Wijndal. Sayang, mereka harus mengakhiri laga dengan 10 pemain ketika Jesper Karlsson diganjar kartu merah oleh wasit.

Keunggulan jumlah pemain dimanfaatkan Rijeka untuk kembali merestorasi keunggulan di babak tambahan waktu babak kedua lewat Ivan Tomecak sehingga AZ dipastikan gugur.