Hasil final rekapitulasi C1 paslon Mahyeldi-Audy unggul di Pilgub Sumbar

id berita padang,berita sumbar,pilgub

Hasil final rekapitulasi C1  paslon Mahyeldi-Audy unggul di Pilgub Sumbar

Pasangan Calon Gubernur Sumbar Mahyeldi -Audy Joinaldy memberikan keterangan pers kepada wartawan di Padang, Kamis. (antarasumbar/Ikhwan Wahyudi)

Mari bela suara Mulyadi, Nasrul Abit, dan Fakhrizal, kita tidak mau suara ditambah dan tidak mau juga mengurangi suara kandidat lain,
Padang (ANTARA) - Hasil final rekapitulasi C1 yang dimiliki tim pemenangan pasangan calon (paslon) Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) nomor urut 4 Mahyeldi-Audy Joinaldy menyatakan calon yang diusung PKS dan PPP tersebut unggul pada pemilihan gubernur (Pilgub) Sumatera Barat 2020.

"C1 adalah dokumen yang dikumpulkan oleh para saksi dari seluruh TPS yang ada di Sumatera Barat, berdasarkan hasil final rekap Mahyeldi-Audy Joinaldy unggul dengan perolehan suara 32,64 persen," kata Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera Sumbar, Irsyad Safar di Padang, Kamis.

Menurut dia pada pilgub Sumbar 2020 PKS menurunkan saksi di seluruh TPS yang ada di 19 kabupaten dan kota yaitu sebanyak 12.547 TPS dan semua rekap C1 sudah selesai dihimpun 100 persen.

Ia menyebutkan total pemilih pada pilgub Sumbar mencapai 3.719.429 dan partisipasi pemilih mencapai 61,22 persen.

Dari penghitungan ril yang didapatkan pasangan nomor urut 1 Mulyadi-Ali Mukhni memperoleh 27,48 persen, pasangan nomor urut 2 Nasrul Abit-Indra Catri 30,05 persen dan pasangan nomor urut 3 Fakhrizal-Genius Umar 9,83 persen.

"Ada selisih antara Mahyeldi-Audy 2,5 persen atau 57 ribu suara dengan Nasrul Abit-Indra Catri," kata dia

Ia menyampaikan Mahyedi-Audy menang di 10 kabupaten kota yaitu Kota Padang, Solok, Sawahlunto, Payakumbuh, Padang Panjang dan Kabupaten Sijunjung, Solok, Dharmasraya, Tanah Datar dan Agam.

Sementara Mulyadi-Ali Mukhni unggul di 5 kabupaten dan kota, Nasrul Abit-Indra Catri unggul di 3 kabupaten kota, dan Fakhrizal-Genius Umar unggul di kota Pariaman.

Sementara Calon Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengucapkan terima kasih atas kerja keras yang luar biasa dari para kader dan pengurus PKS dan PPP di seluruh kabupaten dan kota, para relawan, simpatisan dan seluruh pendukung.

Ia meminta seluruh saksi tetap mengawal perhitungan suara sampai ditetapkan hasil akhir oleh KPU Sumbar.

"Mari bela suara Mulyadi, Nasrul Abit, dan Fakhrizal, kita tidak mau suara ditambah dan tidak mau juga mengurangi suara kandidat lain," ujarnya.

Sejalan dengan itu Calon Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy menyampaikan setelah ini sudah tidak ada lagi nomor 1,2,3 dan 4 dan diganti dengan salam lima jari yaitu sila kelima keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Ia mengatakan akan menjalankan visi dan misi yang dipaparkan selama kampanye dan mohon dukungan seluruh pemangku kepentingan dalam membangun Sumbar ke depan.

Pilgub Sumbar 2020 diikuti empat pasang calon yaitu pasangan nomor urut 1 Mulyadi-Ali Mukni diusung Partai Demokrat dan PAN, pasangan nomor urut 2 Nasrul Abit-Indra Catri diusung Partai Gerindra, pasangan nomor urut 3 Fakhrizal-Genius Umar diusung PKB, Golkar dan Nasdem dan pasangan nomor urut 4 Mahyeldi-Audy Joinaldy diusung PKS dan PPP.

Mahyeldi merupakan Wali Kota Padang 2014-2019 dan terpilih kembali pada periode kedua 2019-2024. Setahun menjabat di periode kedua ia diamanahkan oleh PKS maju sebagai calon Gubernur Sumbar pada pilkada 2020.

Sementara Audy Joinaldy merupakan pengusaha yang bergerak di bidang pertanian dan peternakan.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar