Olympiakos dapat tiket ke Liga Europa meski dikalahkan Porto 0-2

id liga champions,olympiakos,porto,liga europa,otavio,mateus uribe

Olympiakos dapat tiket ke Liga Europa meski dikalahkan Porto 0-2

Bek Olympiakos Rafinha (kiri) berduel memperebutkan bola udara dengan sayap Porto Felipe Anderson dalam laga pemungkas Grup C Liga Champions di Stadion Georgios Karaiskakis, Piraeus, Yunani, Rabu (9/12/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Alkis Konstantinidis)

Jakarta, (ANTARA) - Olympiakos mendapatkan tiket ke babak 32 besar Liga Europa meskipun dikalahkan tamunya Porto dengan skor 0-2 dalam laga pemungkas Grup C Liga Champions di Stadion Georgios Karaiskakis, Piraeus, Yunani, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Hal itu tidak lepas dari hasil pertandingan Grup C lain yang berlangsung bersamaan di Etihad yang memperlihatkan Manchester City melumat habis Marseille 3-0.

Dengan demikian, Olympiakos tetap berada di posisi ketiga klasemen akhir Grup C di atas Marseille berbekal agresivitas gol tandang kendati kedua tim sama-sama memiliki tiga poin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Olympiakos bergabung dengan tujuh tim lain yang akan turun kasta dari Liga Champions ke babak 32 besar Liga Europa bersama raksasa Inggris Manchester United, Red Bull Salzburg (Austria), Shakhtar Donetsk (Ukraina), Ajax (Belanda), Krasnodar (Rusia), Club Brugge (Belgia) dan Dynamo Kiev (Ukraina).

Menghadapi Porto, Olympiakos tampil rapuh sejak awal laga ketika gawang mereka dibobol oleh Felipe Anderson dalam situasi sepak pojok.

Gol itu belakangan dianulir karena dugaan offside, tetapi wasit Felix Byrch kemudian menunjuk titik putih setelah berkonsultasi dengan VAR menyatakan ada pelanggaran handball dalam proses terjadinya gol.

Kesempatan itu dimanfaatkan sempurna oleh Otavio yang dengan tenang mengecoh kiper Jose Sa demi membawa Porto memimpin pada menit ke-10.

Olympiakos hampir membalas enam menit kemudian ketika sebuah bola lambung berhasil dikejar oleh Giorgos Masouras yang menghadapi kiper Diogo Costa dalam situasi satu lawan satu, tetapi tembakan penyelesaiannya malah melambung tinggi di atas mistar gawang.

Para pemain Olympiakos juga mendesak Byrch menghadiahi mereka tendangan penalti ketika Marios Vrousai dijatuhkan Diogo Lette pada menit ke-31, tetapi permintaan itu dibiarkan berlalu begitu saja.

Porto lantas menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-77 saat umpan tarik Luis Diaz tak diantisipasi sempurna oleh barisan pertahanan Olympiakos dan bola jatuh di hadapan Mateus Uribe yang menyambarnya dengan tembakan sentuhan pertama ke gawang tuan rumah.

Dua menit kemudian tugas Olympiakos untuk bangkit semakin berat sebab Ruben Semedo diganjar kartu kuning kedua karena pelanggarannya terhadap Diaz, membuat tuan rumah yang menuntaskan laga dengan 10 pemain cukup beruntung tak kalah lebih telak dari selisih dua gol ketika aba-aba bubaran terdengar.

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar