Polres Pasaman Barat turunkan 395 personil amankan TPS Pemilu 2020

id berita pasaman barat,berita sumbar,pilkada

Polres Pasaman Barat turunkan 395 personil amankan TPS Pemilu 2020

Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Sugeng Hariadi saat melakukan pengecekan persiapan pasukan untuk pengamanan di TPS Pemilu 2020. (antarasumbar/Istimewa)

Semua personil harus bisa menjamin kelancaran setiap tahapan Pemilu,
Simpang Empat (ANTARA) - 395 orang personil Kepolisian Resor (Polres) Pasaman Barat, Sumatera Barat ikut mengamankan 1.034 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 9 Desember 2020.

"395 personil itu akan dibagi penempatannya ke masing-masing TPS dan satu personil bisa mengawasi lebih dari satu TPS," kata Kepala Polres Pasaman Barat, AKBP Sugeng Hariadi di Simpang Empat, Selasa.

Ia mengatakan selain 395 personil Polres Pasaman Barat juga ada satu pleton atau 30 orang personil dari Brimob Polda Sumbar.

Manurutnya semua personil yang ditugaskan sudah mulai pengamanan sejak Selasa (8/12) malam untuk kontrol dan melihat kondisi di TPS untuk kesiapan pencoblosan pada Rabu (9/12).

Ia menegaskan kepada semua personil agar benar-benar menjaga keamanan pelaksanaan Pemilu 2020.

"Semua personil harus bisa menjamin kelancaran setiap tahapan Pemilu. Selain itu juga mengantisipasi kerawanan keamanan seperti serangan fajar, hoaks dan lainnya," ujarnya.

Ia juga mengajak kepada semua personil mendorong semua elemen penyelenggara Pemilu, calon, dan masa pendukung, Pemkab, media, tokoh masyarakat serta pengawas pemilu independen untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Petugas juga harus bisa mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dan tidak mengarahkan kepada salah satu calon," tegasnya.

Pihaknya juga mengimbau agar selama tahapan Pemilu dapat mematuhi protokol kesehatan COVID-19 dengan memakai masker, sering mencuci tangan dan menghindari kerumunan.***2***