Padang gelar lomba cipta menu beragam tingkatkan konsumsi pangan lokal

id cipta pangan,Padang gelar lomba cipta menu beragam,lomba cipta menu beragam,Padang tingkatkan konsumsi pangan lokal

Padang gelar lomba cipta menu beragam tingkatkan  konsumsi pangan lokal

Plt Wako Padang Hendri Septa mencicipi hasil olahan lomba Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman. (Antara/HO)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pangan Kota Padang menggelar lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dalam rangka meningkatkan konsumsi pangan lokal diikuti oleh para pelaku usaha pangan se-Kota Padang.

Pelaksana tugas Wali Kota Padang Hendri Septa di Padang, Kamis mengatakan melalui lomba Cipta Menu B2SA diharapkan seluruh masyarakat Kota Padang agar mengonsumsi pangan B2SA.

"Diharapkan pula kepala OPD di lingkungan Pemkot Padang dapat meningkatkan penganekaragaman konsumsi pangan lokal beras, nonberas dan nonterigu pada berbagai kegiatan rapat," kata dia.

Ia menilai lewat kegiatan ini merupakan upaya membantu menyosialisasikan kepada masyarakat untuk meningkatkan konsumsi pangan B2SA yang berbasis pangan lokal dan mengurangi konsumsi beras dan terigu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Kota Padang Guswardi mengatakan peserta yang mengikuti lomba ini merupakan para pelaku usaha pengolahan pangan yang berasal dari 11 kecamatan di Kota Padang.

"Adapun hadiah lomba berupa uang, tropi dan sertifikat," ujarnya.

Sementara itu, Peksana tugas Ketua TP-PKK Kota Padang Ny Genny Putrinda mengatakan lomba ini digelar dalam rangka mempercepat pemahaman masyarakat tentang konsumsi pangan lokal.

Lomba ini dimaksudkan agar setiap individu bertanggung jawab dalam menentukan dan menyediakan makanan untuk keluarga yang berasal dari bahan pangan lokal.

"Dengan adanya lomba pengolahan pangan lokal diharapkan masyarakat dapat berkreasi dalam pengolahan bahan pangan lokal untuk diterapkan sebagai menu keluarga sehari-hari dan ke depan dapat menambah sumber pendapat keluarga," kata dia.

Dalam Lomba Cipta Menu B2SA ini masing regu peserta menampilkan menu menarik dan bervariasi.

Adapun pemenang dalam lomba ini yakni, Juara I Kecamatan Kuranji, Juara II Kecamatan Nanggalo, dan Juara III Kecamatan Lubuk Kilangan. ***3***